logo.png

Puluhan Takmir Masjid Dilatih Sembelih Hewan Kurban


Puluhan Takmir Masjid Dilatih Sembelih Hewan Kurban

Kediri (beritajatim.com) - Menjelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kediri, Jawa Timur menggelar pelatihan menyembelih hewan untuk para takmir masjid. 

Dalam kegiatan tersebut, para peserta diberikan pengetahuan cara penanganan hewan saat masih hidup, hingga cara menyembelih yang sesuai dengan unsur medis dan syariat islam.

Ada sebanyak 50 takmir masjid yang mengikuti pelatihan penyembelihan hewan kurban. Mereka adalah para petugas penyembelih hewan, dan jasanya sangat diperlukan saat momen Hari Raya Kurban.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta ditunjukan cara penanganan hewan qurban saat masih hidup seperti, cara melihat kesehatan hewan, cara menjatuhkan hewan, hingga cara penenangan hewan. 

Selain itu, peserta juga diberitahu tentang cara menyembelih hewan sesuai unsur medis dan unsur syariat Islam.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena selama ini banyak ditemukan kejanggalan saat melakukan penyembelihan hewan kurban sehingga hewan kurban merasa kesakitan terlebih dahulu sebelum mati,” ujar Zam Zami, salah satu peserta, Rabu (16/9/2015)

Sementara itu, menurut Tim Dokter Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kediri dokter Pujiono mengaku, selama ini di masyarakat masih ditemukan cara – cara penanganan dan penyembelihan hewan yang salah, hingga menimbulkan perbedaan terkait haram atau halalnya daging yang dihasilkan

Usai mengikuti kegiatan, para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut langsung mendapatkan sertifikat penyembelih hewan dari dinas setempat. Diharapkan, nantinya para peserta dapat mengimplementasikan bekal pelatihan itu di masyarakat. (nng/ted)


Sumber : beritajatim.com