logo.png

Pantauan TPID Kota Kediri Tahun Ini Tekanan Inflasi Rendah


Pantauan TPID Kota Kediri Tahun Ini, Tekanan Inflasi Rendah

KEDIRI (BM) - Hasil pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri, perkembangan harga-harga pada September terjaga dengan baik. Beberapa komoditas yang mulai mengalami penurunan harga.
 
Seperti harga cabai, telur ayam ras, daging ayam ras dan daging sapi. Sedangkan komoditas yang mulai mengalami kenaikan harga adalah beras. Untuk komoditas administered price terdapat koreksi tarif dasar listrik (TDL) dan penurunan harga elpiji 15 kilogram.
 
Di samping itu sejalan dengan ketersediaan stok dan pasokan elpiji 3 kilogram, harga komoditas tersebut relatif stabil di Kota Kediri. Menurut Djoko Raharto Kepala Perwakilan BI Kediri, secara keseluruhan potensi tekanan inflasi di September relatif rendah. Hal ini, terlihat dari sisi permintaan di mana konsumsi masyarakat relatif normal sejalan dengan perekonomian yang tengah tumbuh melambat.
 
”Ditambah pula sisi penawaran yang terjaga karena kecukupan pasokan dan ketersediaan stok baik dari komoditas volatile food maupun dari komoditas administered price,” kata Djoko, Rabu (16/9).
 
Sekadar diketahui terhitung Agustus  tahun ini, inflasi tahun kalender (Januari hingga Agustus) di Kota Kediri adalah sebesar 0,58 persen atau yang terendah di Jawa. Oleh karena itu, TPID Kota Kediri yakin bahwa inflasi di Kota Kediri pada September tahun ini diperkirakan terjaga dan dapat mencapai target inflasi kurang lebih 1 persen dengan kecenderungan bisa ke bawah. (bud/nov)

Sumber : beritametro.com