logo.png

Disnak Kediri Gelar Sidak Hewan Kurban di 6 Titik



Disnak Kediri Gelar Sidak Hewan Kurban di 6 Titik

Petugas Dinas Peternakan Kota Kediri, saat melakukan pemeriksaan di sejumlah pangkalan penjualan hewan

KEDIRI (BM) – Petugas Dinas Peternakan (Disnak) Kota Kediri, mulai melakukan sidak di sejumlah pangkalan penjualan hewan kurban, Senin (21/9). Ternyata, petugas banyak menemukan kondisi hewan yang mengalami iritasi mata dan dikategorikan ringan. 
     
Sidak yang dimulai sekitar pukul 10.00, petugas langsung menyisir pinggir Jalan Raya Muning Kelurahan Bandar Kecamatan Mojoroto, yang dikenal sebagai basis pangkalan penjualan hewan kurban. Hari itu, petugas memfokuskan 6 titik di wilayah berbeda yang akan disidak.  
       
Kasi Kesehatan Disnak Kota Kediri Hariyanto mengatakan dari serangkaian sidak yang dilakukan kondisi sejumlah hewan kurban dipastikan aman. Meski secara garis besar, kondisi hewan banyak mengalami iritasi pasa matanya namun kategorinya masih ringan.
 
“Dari 6 titik di wilayah Kota Kediri yang sudah kami sidak dapat dipastikan semua hewan kurban sehat dan aman untuk dikurbankan. Meski, hewan kurban jenis kambing mengalami banyak mendetita iritiasi mata, namun dalam kategori ringan,” ungkap Hariyanto.  
         
Lebih jauh Hariyanto mengatakan kegiatan rutin sidak hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha itu meliputi pemeriksaan mata, bagian lubang mulai kelamin dan anus. Dalam pemeriksaan tahun ini, memang tidak ditemukan hewan kurban yang tak layak atau terjangkit penyakit. (bud/nov)

Sumber : beritametro.co.id