logo.png

Ribuan Umat Muhammadiyah Kediri Sholat Idul Adha Hari Ini


Ribuan Umat Muhammadiyah Kediri Sholat Idul Adha Hari Ini

Kediri (beritajatim.com) - Meskipun pemerintah telah menetapkan pelaksanaan Idul Adha masih esok hari, namun ribuan umat Muhamadiyah di Kota Kediri, Jawa Timur pada hari ini serentak telah melaksanakan sholat Idul Adha. Mereka menggelar solat ied di Stadion Brawijaya Kediri.

Penetapan ini dilakukan jamaah Muhammadyah berdasarkan perhitungan hisab alkhiqi dan instruksi pimpinan muhammadyah, bahwa 1 Dzulhijah dimulai, pada 14 September 2015 dan sesuai perhitungan itulah 10 Dzulhijah, jatuh pada hari ini.

Sholat di Stadion Brawaijaya tersebut, bertindak selaku imam dan khotib adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Ahmad Rifai di Kota Kediri, sendiri perayaan Idul Adha tersebar di 10 lokasi.

“Pengkalenderan qisab hakiki hari ini 23 September 2015. Warga Muhammadiyah seluruhnya melaksanakan Hari Raya Idul Adha hari ini. Ini sesuai dengan instruksi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dan ditaati oleh seluruh ranting,” kata Hari Aidiasmoro, selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadyah Kota Kediri, Rabu (23/9/2015).

Sementara meski Sohlat Ied di gelar hari ini, namun pimpinan wilayah majelis tarjih menghimbau agar penyembelihan hewan korban dilakukan besok atau selama hari tasrik, sesuai tanggal merah atau kalender pemerintah. (nng/kun)


Sumber : beritajatim.com