logo.png

Ribuan Umat Muslim Kediri Gelar Doa Akhir Tahun


 Selasa, 13 Oktober 2015 21:01:26
Reporter : Nanang Masyhari

Ribuan Umat Muslim Kediri Gelar Doa Akhir Tahun

Kediri (beritajatim.com) - Menyambut datangnya bulan Muharam, ribuan umat muslim se-Kota Kediri, Jawa Timur mengikuti doa akhir tahun bersama dan salat magrib berjamaah di Masjid Agung Kota Kediri. Saking banyaknya jumlah jamaah hingga meluber ke jalanan.

Pantauan beritajatim.com, para jemaah didominasi oleh santri dari berbagai pondok pesantre (ponpes) se-Kota Kediri. Mereka mengikuti kegiatan doa bersama sholat berjamaah di sepanjang jalan Panglima Sudirman Kota Kediri, tepatnya di depan Alun-Alun Kota Kediri.

Sebelum pelaksanaan doa akhir tahun, diawali dengan kegiatan ceramah. Tausiyah disampaikan oleh Pengasuh Ponpes Al-Amin KH. Anwar Iskandar. Selanjutnya diteruskan dengan doa akhir tahun.

Masing-masing jemaah membaca bacaan doa akhir tahun yang tertulis dalam selembar kertas. Doa bersama ini dipimpin oleh KH. Anwar Mansur, pengasuh Ponpes Lirboyo.

Selanjutnya, diteruskan dengan sholat magrib bersama. Imam sholat adalah KH. Anwar Mansur. Dalam pelaksanaan sholat, jamaah laki-laki yang umumnya para santri berada di shof belakang hingga masuk ke kawasan alun-alun.

Doa akhir tahun bersama dan sholat berjamaah ini menjadi agenda rutin di Masjid Agung Kota Kediri, setiap datangnya bulan Muharram. Jumlah peserta selalu banyak hingga menutup sepanjang jalan Panglima Sudirman, yang merupakan akses jalan masuk Kota Kediri dari sebelah selatan. [nng/but]


Sumber : beritajatim.com