logo.png

Ratusan Anak di Kediri Kampanye Anti Kekerasan Seksual


Rabu, 14 Oktober 2015 19:47:26
Reporter : Nanang Masyhari

Ratusan Anak di Kediri Kampanye Anti Kekerasan Seksual

Kediri (beritajatim.com) - Ratusan anak dan remaja di Kediri, Jawa Timur turun ke jalan raya, menggelar aksi damai anti kekerasan seksual terhadap anak. Dalam aksinya, mereka mengecam tindakan pelaku kekerasan anak dan meminta agar dihukum berat.

Aksi dilakukan di area wisata Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. Massa tergabung dalam Organisasi Peduli Anak Bangsa Kediri. Mereka juga membawa berbagai poster berisi tuntutan.

Dalam orasinya, David Purwono menyerukan pentingnya pengawasan orang tua dan orang terdekat kepada anak dari pengaruh lingkungan luar rumah.

"Kami menolak segala bentuk kekerasa terhadap anak-anak. Tetapi kasus kekerasan masih juga terjadi, bahkan pelaku tega melakukan kekerasan seksual pada anak dengan cara-cara keji dan tidak berprikemanusiaan," ungkap David Purwono, Rabu (14/10/2015).

Berkaca pada kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Kota Kediri beberapa waktu lalu, massa aksi terus mengkampanyekan peran orang tua dalam menjaga keselamatan dan memberikan hak pendidikan yang utuh terhadap anak.

Masih kata David, sesuai data Komisi Perlindungan Anak (KPA) Kota Kediri, dalam sejumlah kasus anak pelaku didominasi orang terdekat. Pelaku diantaranya orang tua, teman dekat, bahkan pacar. Sehingga, patut diwaspadai keberadaan orang-orang dekat tersebut, jika perilaku dan tindakan mereka mulai mencurigakan.

Massa aksi juga menggalang dukungan moral terhadap anak yang menjadi korban kekerasan agar tetap melanjutkan pendidikannya dan berprestasi. Dukungan tersebut ditunjukkan melalui penggalangan seribu tanda tangan oleh massa aksi dan masyarakat umum. 

Mereka berharap peran serta pemerintah dalam memerangi kekerasan anak ditingkatkan dengan memperbaiki fasilitas trauma cender bagi anak, serta memberikan hukuman yang berat sebagai efekjera terhadap pelaku. (nng/kun)


Sumber : beritajatim.com