logo.png

Pemkot Kediri Berupaya Tekan Jumlah Pengangguran


ANTARA News Jawa Timur

Senin, 19 Oktober 2015 20:06 WIB
Pemkot Kediri Berupaya Tekan Jumlah Pengangguran
pelatihan kewirausahaan (pelatihan )
 
 "Kami lakukan terobosan mengatasi masalah itu, dengan mengadakan pelatihan, bukan hanya untuk perusahana formal, tapi juga melakukan pelatihan kewirausahaan," 
 

Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, berupaya menekan jumlah pengangguran melalui beragam program dan pelatihan kewirausahaan.

"Pemerintah berharap agar para lulusan pelatihan menjadi lebih mandiri dan tidak berorientasi untuk bekerja di sebuah perusahaan," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kediri Agus Suseno di Kediri, Senin.

Ia mengatakan pihaknya sudah lima kali melakukan pelatihan kewirausahaan pada 2015. Pelatihan yang diikuti juga beragam, di antaranya salon kecantikan dan membuat hiasan dari payet.

"Kami yakin dengan beragam program itu bisa mengurangi jumlah pengangguran terbuka di Kota Kediri," paparnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sebenarnya pemerintah pun juga berupaya membuat bursa tenaga kerja untuk mempertemukan pencari kerja dan perusahaan.

Mereka bisa lebih mudah untuk mencari pekerjaan sesuai yang diinginkan serta sesuai dengan pendidikan. Mereka pun bisa mendapatkan kepastian tentang pekerjaan tersebut, dengan konfirmasi langsung ke petugas terkait yang mengikuti bursa tenaga kerja.

Ia mengatakan jumlah pengangguran di Kota Kediri cukup tinggi mencapai 11.133 orang atau 7,66 persen pada 2014.

Mereka dari beragam latar belakang serta tingkat pendidikan yang berbeda, mulai dari usia pelajar sampai lulusan perguruan tinggi.

Selain jumlah pengangguran yang cukup tinggi, sesuai dengan data BPS tersebut, jumlah penduduk usia kerja mencapai 214.574 orang, dengan jumlah angkatan kerja mencapai 145.426 orang.(*)

Editor: Endang Sukarelawati


Sumber : antarajatim.com