logo.png

Wali Kota Pertimbangkan Pembuatan Jalur Khusus Sepeda Angin


ANTARA News Jawa Timur

Sabtu, 31 Oktober 2015 22:05 WIB

Wali Kota Pertimbangkan Pembuatan Jalur Khusus Sepeda Angin

pecinta sepeda angin (sepeda angin)
 
 "Kediri ini sudah layak untuk jalur sepeda angin. Nanti dibahas 2016," 
 

Kediri (Antara Jatim) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mempertimbangkan pembuatan jalur khusus untuk pengendara sepeda angin di jalan-jalan protokol wilayah kota ini, sebagai upaya memberikan fasilitas kenyamanan pada pengguna jalan.

"Kediri ini sudah layak untuk jalur sepeda angin. Nanti dibahas 2016," kata Wali Kota ditemui dalam acara "Kediri Night Ride", sebuah acara yang digelar komunitas pecinta sepeda di Balai Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu malam.

Ia mengatakan, akan koordinasi dengan instansi terkait guna membicarakan rencana pembuatan jalur khusus untuk pengendara sepeda angin ini. Nantinya, jalur itu akan dibuat di sejumlah jalan protokol di Kota Kediri.  

Sementara itu, penggagas acara "Kediri Night Ride" Arif Priono mengemukakan kegiatan ini sengaja digelar sebagai bentuk kampanye, agar pengendara sepeda angin mendapatkan perhatian. 

Ia dengan rekan-rekannya berharap, nantinya di Kediri akan ada jalur khusus bagi pengendara sepeda angin. Harapan itu ditegaskan dengan mengadakan acara bersepeda bersama.

"Kediri ini kota ramai, untuk itu kami perjuangkan agar di kota ini ada jalur khusus pengendara sepeda angin. Kami juga survei, ternyata yang berharap adanya jalur tersebut juga sangat banyak," katanya.

Arif mengatakan, acara "Kediri Night Ride" kegiatan ini terinspirasi pada acara serupa di kota-kota lain misalnya Jakarta. Mereka mengadakan acara bersepeda bersama. Selain sebagai olahraga, acara ini juga menjalin silaturahim.

Lebih lanjut, dia mengatakan kegiatan ini digelar rutin, di pekan keempat atau di akhir bulan. Kegiatan ini diikuti para pecinta sepeda angin baik dari Kota Kediri ataupun dari berbagai daerah.

Untuk rutenya, Arif mengatakan juga beragam baik berkeliling di Kota Kediri, sampai Kabupaten Kediri ataupun jalur yang sudah disepakati sebelumnya. Acara ini dilakukan pada akhir pekan, pada Sabtu malam.

Sementara itu, sejumlah pecinta sepeda angin mengaku sangat tertarik dalam acara bersepeda bersama ini. Mereka bisa saling bertemu dengan pecinta sepeda lainnya dari komunitas lain.

Midkal, warga Kediri yang ikut dalam acara ini mengatakan biasanya hanya naik sepeda dengan sejumlah teman-temannya, namun saat ini ada banyak orang dari beragam komunitas yang bersama-sama naik sepeda.

Ia pun mendukung adanya kampanye jalur khusus sepeda angin. Ia menilai, jalur itu sangat dibutuhkan, guna menciptakan kenyamanan bagi pengendara sepeda angin.

"Di Kediri, jalur sepeda adanya di sekitar gudang garam (PT Gudang Garam, Tbk), namun jalur itu pun juga sempit. Kami sangat mendukung jika nanti ada jalur khusus sepeda angin di kota ini, jadi jika naik sepeda lebih aman," kata Midkal. (*)

Editor: Chandra Hamdani Noer


Sumber : antarajatim.com