logo.png

MEA Pemkot Kediri Siapkan SDM yang Andal Bahasa Inggris


MEA, Pemkot Kediri Siapkan SDM yang Andal Bahasa Inggris

Ilustrasi

KEDIRI (BM) - Pemkot Kediri terus mematangkan pelatihan English Massive Program (Emas) yang harapannya untuk mempersiapkan warganya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
 
Untuk ke depan nantinya warga akan diberi pelatihan Bahasa Inggris secara gratis. “Pada pelatihan program ini akan dilaksanakan pemkot secara gratis. Jadi masyarakat diharap bisa pro aktif manfaatkan peluang yang bagus itu,” beber Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Kediri, kemarin (13/11).
 
“Salah satu manfaat yang utama dari program itu untuk ciptakan sumber daya manusia (SDM) yang piawai berbahasa Inggris utamanya songsong MEA,“ imbuhnya.
 
Secara teknis nantinya, lanjut Siswanto semua pelatihan Bahasa Inggris akan diadakan di tiap RT yang berada di Kota Kediri dengan asisten tutor terpilih yang sebelumnya dibina khusus pihak disdik.
 
Ditambahkan Siswanto, usai tutor dilakukan pembinaan, selanjutnya mereka akan diterjunkan di tiap RT yang tersebar di wilayah Kota Kediri. Diharapkan, keberadaan tutor nantinya bisa menyukseskan dan keberlangsungan program Emas tersebut. “Tutor ini jadi bagian yang fundamental untuk kesuksesan program. Tutor yang handal tentunya ikut mengantar masyarakat, supaya mampu meningkatkan kualitas yang mumpuni dalam hal berbahasa Inggris,” pungkasnya.
 
Sekadar diketahui, meski MEA akan dimulai pada Desember  mendatang, pihak Disdik Kota Kediri, rencananya akan merekrut tutor pada pertengahan November. “Agar perekrutan itu tak terkesan mendadak karena persiapan dan bekal tutor sebagai tolak ukur program itu,” pungkasnya. (bud/nov)

Sumber : beritametro.com