logo.png

Ribuan Warga Kediri Dapat Kartu BPJS Kesehatan


ANTARA News Jawa Timur

Ribuan Warga Kediri Dapat Kartu BPJS Kesehatan
Pejabat Pemkot saat sosialisasi penyerahan BPJS Kesehatan. (foto Humas Pemkot Kediri )
 
 "Masyarakat menjadi lebih mengenal program jaminan kesehatan. Keberadaan kartu itu di BPJS juga membawa pengaruh positif bagi masyarakat,"
 

Kediri (Antara Jatim) - Ribuan warga miskin di Kot Kediri, Jawa Timur, mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kediri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Sentot Imam Suprapto, Sabtu mengemukakan kartu itu sengaja diberikan sebagai bekal mereka untuk berobat, jika ada anggota keluarga yang sakit. 

Ia juga menilai, kartu itu sangat bermanfaat, terutama bagi warga miskin."Masyarakat menjadi lebih mengenal program jaminan kesehatan. Keberadaan kartu itu di BPJS juga membawa pengaruh positif bagi masyarakat," ujarnya.

Data warga miskin di Kota Kediri masih cukup banyak sekitar 12 ribu kepala keluarga. Mereka mendapatkan perhatian dari pemerintah kota, dengan beragam program, misalnya mendapatkan kartu jaminan, maupun program beras untuk warga miskin.

Sementara itu, BPJS Kesehatan Cabang Kota Kediri memberikan sebanyak 48.834  kartu pada warga miskin yang berhak menerima. Kartu itu diberikan lewat kepala kelurahan setempat di tiga kecamatan yang ada di Kediri, yaitu Kecamatan Kota, Pesantren, dan Mojoroto. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota  Kediri Hernina Agustin Arifin mengatakan BPJS sebelumnya telah melakukan verifikasi dan pendataan warga miskin yang menerima kartu tersebut.

"Kami telah melakukan pendataan data penerima kartu tersebut, yang kami terima dari kementrian sosial. Kami lakukan koordinasi dan lakukan pendistribusian," ujarnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan kartu tersebut diberikan kepada pemerintah kota, untuk diteruskan ke camat serta lurah tempat warga penerima kartu itu tinggal. Seluruh kartu itu harus diberikan pada warga sesuai dengan identitasnya.    
 
Ia juga menagatakan proses distribusi dan sosialisasi pada warga penerima kartu tersebut terus dilakukan oleh BPJS. Diharapkan, untuk distribusi bisa selesai sampai akhir November.

"Kami sudah mulai distribusi serta sosialisasi. Harapan kami, pada akhir November ini proses pendistribusian sudah selesai," pungkas Hernina. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


Sumber : antarajatim.com