logo.png

Pemkot Kediri Luncurkan Program E-Mas Kursus Gratis Bahasa Inggris


Reporter : Nanang Masyhari

Pemkot Kediri Luncurkan Program E-Mas, Kursus Gratis Bahasa Inggris

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri meluncurkan berbagai macam program dalam persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2016 mendatang. Salah satunya adalah program E-Mas. 

Program E-Mas adalah kursus gratis Bahasa Inggris yang bisa diikuti oleh masyarakat di tingkat RT. Program tersebut disampaikan langsung Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat membuka acara Joint International Conference di Hotel Grand Surya. 

Di hadapan para native speker yang berasal dari akademisi kesehatan berbagai negara di ASEAN antara lain Thailand, Malaysia, Filiphina, Mas Abu mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah nyata yang baru pertama kali diadakan di Kota Kediri. 

“Kami sangat mengapresiasi semua stakeholder di bidang pendidikan kesehatan yang sudah mendukung. Dengan acara ini, semua peserta bisa menimba ilmu secara langsung dari para pembicara,” kata Abdullah Abu Bakar. 

Mas Abu, begitu sapaan Abdullah Abu Bakar menilai, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas yang baik antara pemerintah dan stakeholder di bidang kesehatan yang mampu memberi kontribusi positif bagi percepatan persiapan dalam menghadapi MEA tahun 2016 mendatang. 

Pihaknya berharap kepada stakeholder di bidang lainnya untuk dapat melakukan hal yang sama dalam melakukan percepatan dalam menyambut MEA. 

Untuk diketahui, program E-Mas dikelola oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri. Program ini mendukung suksesnya program unggulan Walikota Kediri yaitu, Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas). 

Chevy N, selaku Kasubbag Sungram Disdik Kota Kediri mengatakan, program E-Mas dalam waktu dekat akan diluncurkan. Disdik kini masih mencari tutor Bahasa Inggris yang siap diterjunkan ke masyarakat. Jumlah tutor yang dibutuhkan mencapai 60 orang yang akan diseleksi secara langsung oleh Disdik. 

“Kita akan mensosialisasikan terlebih dahulu program ini kepada masyarakat. Sementara kegiatan tersebut, seperti biaya tutor bisa diambilkan dari anggaran prodamas,” kata Chevy. 

Disdik, imbuh Chevy berharap program E-Mas dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat hingga kalangan bawah. Selain untuk meringankan beban ekonomi dalam bidang pendidikan, khusus bagi anak bisa belajar Bahasa Inggris secara gratis. [adv/nng]


Sumber : beritajatim.com