logo.png

Wali Kota kediri Berikan Bantuan terhadap Korban Puting Beliung


Bangsa Online - Portal Berita Jawa TImur
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat memberikan bantuan kepada korban terkena musibah puting beliung. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 8 rumah dilaporkan rusak berat di Kota Kediri usai diterpa bencana hujan dicampur angin puting beliung. Mendapat kabar itu, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar langsung turun ke lokasi bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Minggu (22/11).

Sejumlah barang bantuan pun diserahkan dengan harapan mampu mengurangi penderitaan.

Tercatat dalam seminggu ini terdapat 8 rumah yang rusak berat, 4 mobil tertimpa pohon dan puluhan pohon besar roboh akibat puting beliung. Mas Abu, sebutan Wali Kota Kediri meminta agar warga kota untuk selalu waspada di saat hujan datang.

“Selain melalui BPBD, kami memerintahkan seluruh satuan kerja dan kepala kelurahan untuk melakukan pemantauan dan evakuasi jika terjadi bencana. Kami juga melakukan sosialisasi dan pelatihan terhadap pelajar jika terjadi bencana alam,” jelas Mas Abu.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Kediri Apip Permana, meminta agar imbauan yang disampaikan Wali Kota untuk diperhatikan. “Segala kemungkinan harus diantisipasi, apalagi di saat musim hujan ini. Untuk selalu menjaga diri dan benda – benda berharga lainnya,” jelas Apip.

Sementara itu, Ketua Pelaksana BPBD Kota Kediri, Samsul Bahri berencana akan memasang sejumlah rambu jika sewaktu – waktu terjadi bencana. Sejumlah lokasi termasuk poskamling yang dianggap rawan akan diberi peralatan tanda bahaya.

“Kami sudah mengajukan dan akan direalisasikan pada tahun depan. Kebutuhan peralatan dan rambu tanda bahaya juga diperlukan untuk dipasang di sejumlah lokasi rawan,” jelas mantan Camat Pesantren ini. (hms/rif/rev)


Sumber : bangsaonline.com