logo.png

DKP Kota Kediri Gelar Bimtek Persampahan


Reporter : Nanang Masyhari

DKP Kota Kediri Gelar Bimtek Persampahan

Kediri (beritajatim.com) - Guna mengurangi pasokan sampah ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) Klotok, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pelatihan kepada para kader bank sampah , Senin (23/11/2015).

Bimtek dan pelatihan mengolah sampah ini digelar di kantornya di Jalan Mayor Bismo Kota Kediri. Melalui bimtek tersebut, pemerintah berharap adanya peran serta dari masyarakat dalam mengelola sampah, menuju program Nasional Indonesia bebas sampah pada tahun 2020 mendatang.

Di dalam bimtek, para kader bank sampah diberikan materi tentang praktek pengomposan dan mendaur ulang sampah an organik menjadi barang kerajinan. Praktek dilakukan secara langsung dengan bimbingan dari petugas DKP.

“Melalui bimtek, kami berharap peran serta masyarakat dalam mengelola sampah semakin meningkat. Sebab, tanpa peran serta dari masyarakat, pemerintah daerah mengaku sangat kesulitan,” ujar Kepala Bidang Persampahan DKP Kota Kediri Endang Kartika usai memberikan bimtek

DKP Kota Kediri sendiri mentargetkan pengurangan pasokan sampah ke tempat pembuangan akhir TKP Klotok, pada tahun 2016 sebesar 20 persen atau sekitar 140 kubik. Mengingat, volume sampah tpa klotok saat ini sudah sangat overload. (adv/nng)


Sumber : beritajatim.com