2015-11-23_22.21.04ADAKITANEWS, Kota Kediri- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Kediri menggelar sosilalisasi dengan tema “Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil” di Hall Insumo Palace, Senin (23/11). Kegiatan ini guna menyadarkan masyarakat tentang pentingnya tertib data kependudukan.

Berlokasi di Hall Insumo Palace, kegiatan tertib kependudukan ini dimulai pukul 19.00-21.00 Wib. Dalam sambutannya, Ida Indriyati Kepala Dispenduk Capil berharap masyarakat Kota Kediri mampu tertib secara data kependudukan guna mempermudah pendataan.

“Harapan kami dari sosialisasi ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam hal data-data kependudukan,” ungkap Ida Indriyati Kepala Dispenduk Capil Kota Kediri.

2015-11-23_22.19.48Menurut Ida Indriyati, selama ini masih banyak masyarakat Kota Kediri yang belum mengurus data-data kependudukan seperti akte kelahiran. Berlandaskan itu, imbuh Ida Indriyati, pihaknya berharap kepada setiap kepala keluarga untuk mengurus akte kelahiran dengan persyaratan-persyaratan sesuai prosedur yang berlaku, guna mendapatkan data yang lengkap di pemerintahan sekaligus tercatat secara resmi sebagai warga Negara Indonesia.

“Akte kelahiran sebagai indentitas diri bagi setiap warga Negara Indonesia,”jelasnya.

Sementara, Noviana Rahmawati Ketua Pelaksana dalam sosialisasi tersebut menjelaskan, tamu undangan sebanyak 200 orang itu terdiri dari beberapa eleman masyarakat di tingkat Kelurahan, Kecamatan dan beberapa Dinas yang bersangkutan. Dengan harapan, para undangan yang datang mampu memberikan pemahaman terkait pentingnya data kependudukan kepada masyarakat luas guna mempermudah jika sewaktu-waktu ingin mengurus data-data kependudukan lainnya.

“Kalau masyarakat pada memiliki data kependudukan secara resmi, maka enak jika sewaktu-waktu mau mengurus data yang lainnya,” tuturnya.

Diakuinya, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, pihak Dispenduk Capil Kota Kediri langsung mendatangkan narasumber dari Provinsi Jawa Timur. ”Bapak Hariyanto selaku narasumber kami datangkan dari Disnas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Timur untuk memberikan pemahaman administrasi data kependudukan pada masyarakat luas,” tutupnya.(adv/blot)

Keterangan Gambar : Sosilalisasi dengan tema “Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil” di Hall Insumo Palace, Senin (23/11) yang dilakukan Dispenduk Capil Kota Kediri