logo.png

Ingin Jadi Service City Pemkot Kediri Siapkan Kantor Khusus Investor


DetikNews

 

 

 
 

Ingin Jadi Service City, Pemkot Kediri Siapkan Kantor Khusus Investor

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberi sambutan (Foto: Andhika Dwi/detikcom)

Kediri - Meski secara geografis kecil, Kota Kediri memiliki banyak potensi. Wali Kota Abdullah Abu Bakar berharap Kediri menjadi service city. Dia merancang membangun kantor khusus untuk investor.

"BPM (Badan Penanaman Modal) akan membuat kantor baru supaya lebih enak, nyaman, dan tenang. Bahkan bisa buat tempat rapat bersama bagi para investor di Kota Kediri," kata Abu dalam Business Meeting Kota Kediri Menuju the Service City di Hotel Grand Surya, Jl Dhoho, Kediri, Jumat (27/11/2015).

Selain Abu, pertemuan bisnis dihadiri Kepala BPM Kota Kediri, Triyono Kutut, dan Bea Cukai Kota Kediri serta mitra bisnis.

Rencananya, kantor baru Badan Penanaman Modal (BPM) akan lebih luas. Pengurusan izin dilakukan dalam satu atap. 

Sebagai kota tujuan investasi, kata Abu, calon investor perlu mendapatkan informasi mengenai peluang dan potensi Kota Kediri. Di sisi lain, produk unggulan kota tidak boleh hanya jalan di tempat, melainkan harus go international.


"Karena itu, kita kerja sama dengan Pemprov Jatim agar produk lokal bisa bermain di kancah global," kata Abu yang berlatar belakang pengusaha ini. 

Kota Kediri mencakup 3 kecamatan, yaitu Mojoroto, Kota, dan Pesantren. Kecamatan Mojoroto dan Pesantren mempunyai kecenderungan pengembangan permukiman industri, dan pendidikan, sedangkan wilayah Kecamatan Kota mempunyai kecenderungan perdagangan, industri, permukiman, dan perkantoran. 


Tren pertumbuhan ekonomi Kediri terus meningkat dari tahun ke tahun. Rat-rata pertumbuhan ekonomi mencapai angka 7,5 jauh di atas rata-rata nasional yang berada di angka 5,7. Industri Kecil dan Menengah (IKM) juga meningkat. Di tahun 2010, jumlah IKM adalah 2.078, sedangkan di tahun 2014 jumlahnya meningkat hingga 2.213. 

Kediri berada di lintasan strategis karena termasuk berada di tengah Jawa Timur. Tepatnya terletak di jalur Surabaya-Tulungagung dan Blitar-Nganjuk. Juga menjadi salah satu jalur dari dan ke Jawa Tengah. 
(ugik/try)


Sumber : news.detik.com