logo.png

Ribuan Pelajar Bersih-bersih Bantaran Sungai Brantas


Surya Malang

Ribuan Pelajar Bersih-bersih Bantaran Sungai Brantas

 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama ribuan pelajar kerja bakti bersih-bersih bantaran Sungai Brantas, Jumat (27/11/2015). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Ribuan pelajar di Kota Kediri, Jawa Timur bersama gurunya melakukan kerja bakti membersihkan bantaran Sungai Brantas.

Kegiatan itu dipusatkan di bantaran depan Gedung Nasional Indonesia (GNI), Jumat (27/11/2015).

Kegiatan ini juga dihadiri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakarbersama pejabat Pemkot Kediri. Kerja bakti ini sekaligus kegiatan memperingati hari guru dan Korpri di Kota Kediri.

Bantaran sungai yang semula kumuh karena banyak semak-semak dan kotoran dibersihkan. Sampah yang terkumpul kemudian ditampung di sejumlah dump truk.

Peserta kegiatan tampak antusias membersihkan bantaran sungai. Sesuai rencana, bantaran Sungai Brantas bakal difungsikan untuk tempat ruang publik.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar malahan tak segan-segan berbaur dengan pelajar memungut dan membersihkan sampah yang berserakan di kawasan bantaran Sungai Brantas.

Menurut Walikota yang akrab disapa Mas Abu ini, Sungai Brantas merupakan sebagian dari wajah yang ada di Kota Kediri. Namun sayangnya masih ada warga yang tidak peduli dengan membuang sampah di sungai.

“Ini gerakan yang positif untuk membersihkan bantaran Sungai Brantas. Gerakan ini mengajarkan kepada anak-anak, kepada pelajar untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan di bantaran Sungai Brantas,” ungkapnya.

Kegiatan bersih-bersih ini hanya awal dari program pembukaan ruang terbuka publik di bantaran Sungai Brantas. Karena ada potensi yang dapat dimanfaatkan untuk wahana bermain dan berolahraga.

Sesuai rencana Pemkot Kediri bakal berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyulap bantaran sungai menjadi kawasan publik yang menyenangkan. Selain membuat taman juga arena bermain.

Jaka (14) salah satu pelajar yang ikut kerja bakti mengaku senang dapat berpartisipasi membersihkan bantaran sungai.

"Kalau bantaran sungai bersih bisa jadi tenpat wisata," ungkapnya.

Sementara Dini (15) berharap kegiatan kerja bakti membersihkan bantaran sungai berlangsung secara rutin.

"Kami berharap ini terus bergulir sehingga seluruh bantaran bersih," harapnya


Sumber : suryamalang.tribunnews.com