logo.png

Urus SIUP dan TDP di Kota Kediri Dijamin Sehari Selesai


Surya Malang

Urus SIUP dan TDP di Kota Kediri Dijamin Sehari Selesai
 
surya/didi
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Kepala BPM Triono Kutut, Jumat (27/11/2015). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) di Badan Penanaman Modal (BPM) Kota Kediri kini semakin mudah.

Hanya dalam waktu serhari,. izin-izin itu sudah rampung. Hal ini disampaikan Triono Kutut, Kepala BPM Kota Kediri kepada sejumlah wartawan, Jumat (27/11/2015).

Sementara untuk pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (HO) diperlukan waktu tiga hingga empat hari. "Semua perizinan dapat segera diselesaikan asalkan dokumennya sudah lengkap," tambahnya.

Diakui Triono Kutut, masyarakat dari luar daerah masih banyak yang meragukan Kantor BPM Kota Kediri dapat memberikan SIUP dan TDP dalam sehari. Namun keraguan itu sudah terjawab dengan pelayanan satu hari.

"Di daerah lain mengurus SIUP dan TDP mungkin butuh waktu 3 - 4 hari bahkan ada yang 3 minggu. Namun di Kota Kediri hanya butuh waktu sehari," tegasnya.

Malahan ke depan, Izin Gangguan atau HO yang selama ini banyak menjadi momok para pengusaha membuka usaha bakal semakin dipermudah.

"Izin HO dan IMB regulasinya akan dipermudah dengan cukup pemberitahuan kepada tetangga," jelasnya.

Pemkot Kediri dalam memproses perizinan berprinsip tidak akan mengecewakan para investor yang datang ke Kota Kediri. Karenaperizinan yang mudah tahun depan bakal berdiri sejumlah hotel berbintang, rumah sakit bertaraf internasional.

Kota Kediri juga mengharapkan ada pengusaha taksi yang mau membuka usaha di Kediri. Saat ini hanya ada satu taksi yang telah membuka usaha di Kota Kediri.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan pihaknya akan menata Kantor BPM yang lebih representatif dan bagus pelayanannya.

"BPM Kota Kediri akan membangun kantor baru yang lebih luas dan ada sarana untuk tempat meeting para investor," jelasnya.
Walikota juga menjamin memberikan pelayanan secepatnya asal semua persyaratan yang ditentukan telah dipenuhi.

"Syarat-syarat di perizinan nanti akan dipaparkan semua syaratnya sehingga berjalan mulus," jelasnya.

Ekonomi Kota Kediri sendiri bakal diarahkan menjadi Kota Jasa yang sangat potensial. Apalagi di Kediri ada industri rokok dan banyak perguruan tinggi sehingga sektor jasa akan bertumbuh dan berkembang.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com