logo.png

Kenalkan Potensi Lokal Lewat Festival Batik dan Tenun Ikat


Surya

Kenalkan Potensi Lokal Lewat Festival Batik dan Tenun Ikat
 
antara/saiful bahri
 
Ilustrasi seorang pengrajin menyelesaikan proses pembuatan batik. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Potensi lokal berupa kain tenun dan batikdiangkat Pemkot Kediri lewat festival di Stadion Brawijaya mulai Jumat (27/11) hingga Minggu (29/11).

Festival kain tenun dan batik ini digelar agar potensi tersebut makin dikenal dan para perajin lebih kreatif mengembangkan usahanya.

"Orientasi acara ini untuk menggerakkan ekonomi warga. Ada efek berganda dengan acara ini dan segala lini perekonomian masyarakat bergerak," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Jumat (27/11/2015) malam.

Acara festival itu selain dimeriahkan beragam tarian tradisional, juga dihadiri sejumlah artis lokal dan ibu kota. Ada pula lomba peragaan busana batik-tenun yang diikuti para pelajar ataupun umum serta "Kediri Night Ride" atau bersepeda malam.

Dimeriahkan juga pameran tenun ataupun batik, produk UMKM, serta berbagai inovasi penemuan dari beragam sekolah ataupun instansi. Acara itu rencananya berlangsung tiga hari, mulai 27-29 November 2015.

Wali Kota mengatakan, pameran ini diikuti para pengusaha lokalKediri, baik usaha kain, makanan, ataupun usaha lainnya.

Kegiatan ini juga diikuti perwakilan UMKM dari luar daerah, sehingga kegiatan ini bisa saling menunjukkan potensi ekonomi di daerahnya

"Di Kediri tenun menjadi salah satu produk unggulan dan khas, yaitu tenun ikat yang dibuat secara tradisional. Produk ini terus dilestarikan, karena merupakan salah satu produk unik," ujarnya.


Sumber : surabaya.tribunnews.com