logo.png

Bunda Fey Ajak Anak Kota Kediri Gemar Makan Ikan


Bunda Fey Ajak Anak Kota Kediri Gemar Makan Ikan

Kediri (beritajatim.com) - Ikan sangat baik untuk pertunbuhan dan perkembangan otak anak. Sebab, ikana mengandung protein dan omega 3 yang tinggi. Hal tersebut diungkapkan Fery Silviana Veronica, selaku Ketua Umum Forikan Kota Kediri.

Bunda Fey menghimbau orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya gemar makan ikan. " Saya mengajak semuanya untuk gemar makan ikan," kata Bunda Fey disela-sela acara lomba masak ikan tingkat SMP dan SMA se-Kota Kediri di Kediri Town Square, Rabu (16/12/2015).

Pola makan ikan untuk masyarakat Kota Kediri, katanya, masih sekitar 20,8 Kg per kapita per tahun. Jumlah tersebut masih tergolong rendah dibandingkan komoditi provinsi dan nasional yakni 27,8 Kg per kapita per tahun, dan 34,4 Kg per kapita per tahun. 

"Untuk itu Pemkot Kediri mengelar event-event untuk mempromosikan ikan di masyarakat, salah satunya dengan menggelar acara lomba makan ikan tingkat TK dan SD se-Kota Kediri dan juga lomba masak ikan tingkat SMP dan SMA se-kota kediri," terang istri Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Acara ini digelar rutin tiap tahun. Sementara tujuannya adalah mendongkrak masyarakat untuk gemar makan ikan. Gemar makan ikan tidak hanya untuk anak, namun juga untuk orang tua. Karena ikan juga rendah kolestrol.

Lomba tersebut dibagi menjadi dua macam yakni Lomba makan ikan bandeng yang diikuti oleh pelajar  TK dan SD sekota Kediri. Dalam lomba tersebut, peserta makan ikan bandeng tanpa tulang. Peserta mana yang paling cepar mengabiskan ikan, akan menjadi pemenang.

Yang kedua lomba masak tingkat SMP dan SMA se-Kota Kediri. Di dalam lomba tersebut peserta memasak masakan berbahan dasar ikan. Terdapat tiga kriteria penilaian citarasa dan originalitas masakan, kreativitas pengolahan , dan penyajian masakan.

Setelah berdiskusi, akhirnya Dewan juri menetapkan para pemenang baik lomba makan dan  lomba masak ikan. Untuk lomba makan ikan tingkat TK juara III diraih oleh Nouval dari TK Negeri Pembina, Juara II Galang Aria dari TK Pakelan, dan Juara I diraih oleh Fizar dari TK RA Perwanida.

Untuk tingkat SD juara III diraih oleh Rosiduansyah dari SD Tinalan II, Juara II diraih oleh Ardila dari SD Balowerti I, dan Juara I diraih oleh Labib Mukarom dari SD  Burengan II.

Sementara itu untuk lomba masak ikan tingkat SMP juara III diraih oleh SMPN 5 Kediri, Juara II diraih oleh SMPN 6 Kediri, dan juara I diraih oleh SMPN 4 Kediri. Untuk tingkat SMA Juara III diraih oleh SMKN 3 Kediri, juara II diraih oleh SMAN 7 Kediri, dan juara I diraih oleh SMKN 3 Kediri. [adv/nng]


Sumber : beritajatim.com