logo.png

Pemkot Kediri Gelontorkan Bantuan Bagi Disabilitas


 
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar saat mengunjungi salah satu warga yang mendapatkan bantuan rehab rumah. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Agar para penyandang disabilitas lebih mandiri dan terampil, Pemerintah Kota Kediri bertepatan Hari Kesetiakawanan sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) menggelontorkaan bantuan sosial bagi warga Penyandang cacat maupun disabilitas.

Selain bagi para penyandang disabilitas, bantuan juga diberikan kepada sejumlah masyarakat yang memiliki keterbatasan serta masalah sosial.

Secara simbolis, beberapa bantuan diserahkan langsung oleh Walikota Kediri Abdulah Abubakar di kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Kediri didampingi oleh Kepala Dinsosnaker Kota Kediri Dewi Sartika, Kamis (17/12).

Walikota Kediri yang akrab disapa Mas Abu ini mengatakan, pihak Pemerintah Kota akan terus mengakaomodir warga yang membutuhkan bantuan. "Dengan catatan, harus bersinergi dengan pemerintah pusat, sebab Pemerintah pusat saat ini juga terus menggelontorkaan bantuan kepada masyarakat. Dan saat ini jika kita perhatikan masih banyak masyarakat yang harus dibantu," kata Mas Abu.

Walikota mengakui hingga saat ini fasilitas publik terutama bagi penyandang cacat oleh Pemkot belum sepenuhnya bisa diperbaiki, sehingga belum bisa diakses oleh para penyandang permasalah sosial, namun pihaknya akan kakan berupaya semaksimal mungkin agar fasilitas publik bisa diakses.

"Misalnya seperti trotoar, seharusnya trotoar itu jangan naik turun, jika pun ada harus halus agar pengguna kursi roda bis mengakses, dan seharusnya perkantoran juga memberikan pelayanan sosialnya bagi mereka," terang Walikota disela-sela pemberian bantuan sosial ini.

Lebih lanjut, kata Mas Abu, banyak kreasi yang diciptakan para penyandang permasalahan sosial ini, dan diharapkan dengan bantuan tersebut mampu meningkatkan kreatifitas bagi mereka.

"Mudah-mudahan dihari ini gerakan terus ditingkatkan, dan bagi temen disabilias terus melakukan komunikasi agar kedepan bantuan tepat sasaran." harapnya.

Sementara itu, dalam bansos yang diberikan kepada penyandang disabilitas ini di antaranya, bantuan uang tunai bagi penyandang cacat berat, bantuan Sosial Santunan Kematian, kursi roda, peralatan air brush, peralatan bengkel, mesin freezer, serta rombong bagi penyandang disabilitas dan bantuan untuk pemugaran rumah. (rif/rev)


Sumber : bangsaonline.com