logo.png

Pemkot Kediri Beri Bantuan Usaha untuk Penyandang Disabilitas


ANTARA News Jawa Timur

Pemkot Kediri Beri Bantuan Usaha untuk Penyandang Disabilitas
Sejumlah bantuan yang diberikan pada warga, kamis (17/12). (foto Asmaul Chusna)
 
 "Saat ini, mereka sangat produktif, artinya mereka juga harus dijaga, jangan sampai pemerintah tidak memperhatikan. Saya salut pada mereka, karena mereka juga punya kemampuan yang bagus," 
 
Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan bantuan perlengkapan usaha untuk warga penyandang disabilitas, agar mereka bisa berkaya.
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Kamis mengemukakan warga yang menyandang disabilitas mempunyai kesempatan yang sama dengan warga Kota Kediri lainnya. Mereka pun ternyata juga bisa produktif, terbukti dengan mempunyai beragam usaha.
     
"Saat ini, mereka sangat produktif, artinya mereka juga harus dijaga, jangan sampai pemerintah tidak memperhatikan. Saya salut pada mereka, karena mereka juga punya kemampuan yang bagus," katanya di Kediri, Kamis.
     
Ia mengatakan, beragam jenis usaha digeluti mereka baik itu di bidang jasa seperti memijat, menyanyi, sampai busana. Mereka pun juga kreatif, sehingga dengan kemampuan terbatas tetap bisa berkreasi.
     
Wali Kota juga menegaskan, pemerintah memang sudah lama menganggarkan untuk pemberian bantuan untuk warga penyandang disabilitas ataupun warga kurang mampu lainnya. Bantuan itu sebagai pendorong, agar mereka tetap produktif.
     
Ia juga meminta agar ada komunikasi yang baik di antara warga serta pemerintah. Diharapkan, warga kurang mampu ataupun penyandang disabilitas berbicara langsung dengan pemerintah jika membutuhkan bantuan. Dengan itu, diharapkan bantuan bisa tepat sasaran.
     
"Harus ada komunikasi yang baik antara rekan-rekan (pemerintah) dengan warga yang disabilitas maupun kurang mampu. Mereka bisa ke dinas, sehingga pengambilan kebijakan bisa tepat sasaran," harapnya.
     
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Kediri Dewi Sartika mengatakan bantuan yang disiapkan itu beragam misalnya bantuan fisik berupa kursi roda, peralatan untuk bengkel, mesin diesel, maupun bantuan berupa uang tunai. Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan untuk warga yang terdampak penutupan lokalisasi semampir, berupa 23 paket rombong usaha, 30 paket kecantikan dan 30 paket cathering.
     
"Kami berharap bantuan ini bermanfaat dan ini adalah bantuan sosial dari pemerintah" ujar Dewi.
     
Ia juga mengatakan, pemberian bantuan itu sengaja dilakukan bersamaan dengan memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional serta Hari Disabilitas Internasional. Dengan itu, sekaligus mengingatkan bahwa warga kurang mampu serta penyadang disabilitas pun juga bisa berkarya. 
     
Penyerahan bantuan itu dilakukan di kantor Dinsosnakertrans Kota Kediri. Warga penyandang disabilitas maupun warga penerima lainnya juga datang, untuk menerima bantuan. Sejumlah warga penerima mengaku senang, sebab mereka bisa terbantu. (*)

Sumber : antarajatim.com