logo.png

Pemkot Kediri Gelontor Bantuan Disabilitas


 
Harian Bhirawa Online
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar didampingi Kadinsosnaker Kota Kediri Dewi Sartika memberikan Bansos kepada Warga Penyandang Disabilitas. Kamis (17/12)

Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar didampingi Kadinsosnaker Kota Kediri Dewi Sartika memberikan Bansos kepada Warga Penyandang Disabilitas. Kamis (17/12)

Pemot Kediri, Bhirawa.
Bertepatan Hari Kesetiakawanan sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Pemkot Kediri menggelontorkaan bantuan sosial  bagi warga Penyandang cacat maupun disbilitas. Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan kreasi bagi warga masyarakat yang memiliki keterbatasan serta masalah sosial.
Bantuan diserahkan langsung oleh Walikota Kediri Abdulah Abubakar dikantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Kediri didampingi oleh Kepala Dinsosnaker Kota Kediri Dewi Sartika. Dikatakan Walikota Kediri yang akarb disapa Mas Abu ini, jika pihak Pemerintah Kota akan terus mengakaomodir warga yang membutuhkan bantuan.
“Dengan catatan, harus bersinergi dengan pemerintah pusat, sebab Pemerintah pusat saat ini juga terus menggelontorkaan bantuan kepada masyarakat. Dan saat ini jika kita perhatikan masih banyak masyarakat yang harus dibantu,” kata Mas Abu.
Wali Kota mengakui hingga saat ini  fasilitas publik terutama bagi penyandang cacat oleh Pemkot belum sepenuhnya bisa diperbaiki , sehingga belum bisa di akses oleh para penyandang permasalah sosial, namun pihaknya akan kakan berupaya semaksimal mungkin agar fasilitas publik bisa diakses.
“Misalnya seperti trotoar, seharusnya trotoar itu jangan naik turun, jika pun ada harus halus agar pengguna kursi roda bis mengakses, dan seharusnya perkantoran juga memberikan pelayanan sosialnya bagi mereka,” terang Wali Kota di sela-sela pemberian bantuan sosial ini.
Lebih lanjut, menurut Mas Abu, banyak kreasi yang diciptakan para penyandang permasalahan sosial ini, dan diharapkan dengan bantuan tersebut  mampu meningkatkan kretifitas bagi mereka, “Mudah-mudahan dihari ini gerakan terus ditingkatkan, dan bagi temen disabilias terus melakukan komunikasi agar kedepan bantuan tepat sasaran,” harapnya.
Dia juga meminta doa restu kepada Disabilitas agar pemkot Kediri kedepan dapat mengurai persoalan sosial, Misalnya eksloklisasi mestinya tidak boleh namun hingga saat ini masih terus beroperasi meskipun usaha sudah maksimal. “Targetnya sih harus tutup, namun pada kenyataannya mereka masih terus beroperasi. Kita akan berupaya agar dengan program yang telah kita jalankan mereka bisa beralih ke Profesi yang lebih barokah,” tandasnya.
Sementara itu, dalam bansos yang diberikan kepada penyandang disabilitas inni diantaranya, Bantuan uang tunai bagi penyandang cacat berat, Bantuan Sosial Santunan Kematian, Kursi roda, Peralatan Air Brush, Peralatan Bengkel, Mesin Fresser, serta rombong bagi penyandang Disabilitas dan Bantuan untuk pemugaran rumah.[van.adv]


Sumber : harianbhirawa.co.id