logo.png

Sambil Membawa Tandu Ribuan Orang Napak Tilas Perjuangan Jenderal Sudirman


Surya Malang

Sambil Membawa Tandu, Ribuan Orang Napak Tilas Perjuangan Jenderal Sudirman
 
surya/didik mashudi
 
Salah satu peserta gerak jalan Kediri - Bajulan berdandan memakai busana khas Jawa sambil membawa tandu, Sabtu (19/12/2015). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI -  Ribuan orang mengikuti gerak jalan Kota Kediri - Bajulan, Kabupaten Nganjuk yang dilepas Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di depan Taman Makam Pahlawan, Sabtu (19/12/2015).

Rute Kota Kediri - Bajulan ini merupakan rute napak tilas gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman. Karena itu, kebanyakan peserta memakai kostum ala pejuang dan membawa tandu ala Jenderal Sudirman.

Konon, saat bergerilya di Jawa Timur, Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam kondisi sakit ditandu anak buahnya.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyebutkan, kegiatan ini memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.

"Dengan kegiatan napak tilas ini semoga muncul jiwa nasionalisme dari anak - anak muda," ungkap Mas Abu usai memberangkatkan peserta.

Di sempang rute ini juga melewati  satu rumah yang pernah disinggahi Jenderal Sudirman. Kabarnya, di rumah tersebut diatur strategi melawan pasukan Belanda.

Sementara Drs Nur Muhyar, Kepala Kantor Disbudparpora Kota Kediri menyebutkan, gerak jalan diharapkan dapat menggairahkan jiwa kepahlawanan. Sehingga menjadi kegiatan yang positif bagi generasi muda.

"Ada 1.600 peserta yang mendaftar," jelasnya.

Kegiatan ini terbagi dalam kelompok beregu dan perorangan di bawah usia 40 tahun dan di atas 40 tahun. Meski kegiatan ini digelar di Kota Kediri, tapi banyak peserta dari luar kota yang mendaftar.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com