logo.png

Lomba Unik Pacuan Kambing Sang Joki Berlari di Belakangnya


Surya Malang

Lomba Unik, Pacuan Kambing, Sang Joki Berlari di Belakangnya
 
surya/didik mashudi
 
Berpacu - Dua ekor kambing berlomba adu cepat di sirkuit Festival Cakarwesi, Kota Kediri, Sabtu (19/12/2015). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Lomba pacuan kambing di acara Festival Cakarwesi, Kelurahan Blabak, Kota Kediri, Jawa Timur berlangsung semarak, Sabtu (19/12/2015).

Ada 15 pasang kambing yang ikut berlomba mengikuti pacuan. Masing-masing  kambing perwakilan kelurahan di Kecamatan Pesantren.

Ini kali pertama lomba unik digelar di Kediri. Ratusan masyarakat yang penasaran berjubel memenuhi sirkuit Festival Cakarwesi.

Lomba pacuan kambing ini mirip Kerapan Sapi di Madura. Bedanya, sang joki tidak naik, tapi berlari mengikuti kambing dari belakang.
Perlombaan dilakukan dengan bertarung dua pasang kambing. Sepasang kambing yang lebih cepat masuk finis sepanjang 50 meter yang dinyatakan sebagai pemenangnya.

Hasil lomba, sepasang kambing dari Kelurahan Blabak dengan joki Slamet Jemek juara 1. Sedangkan juara 2 dari Kelurahan Singonegaran dan juara 3 dari Kelurahan Pesantren.

Dian Setiyawan, panitia lomba menyebutkan, animo peserta dan penonton pacuan kambing sangat luar biasa. "Meski baru pertama digelar ternyata menjadi hiburan yang sangat menarik untuk masyarakat," ungkapnya.

Sirkuit balapan kambing sepanjang 50 meter ini dipasang pagar keliling. Masyarakat dapat menyaksikan dari balik pagar.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyambut baik kegiatan pacuan kambing yang memeriahkan arena Festival Cakarwesi.

Walikota sempat mengibarkan bendera start pada sesi penyisihan lomba.

"Kegiatan seperti ini membuat kita bisa berbaur dengan alam. Apalagi sumber Cakarwesi ini merupakan salah satu tempat yang iconic di Kota Kediri," ujar Mas Abu.

Diharapkan dengan melaksanakan kegiatan di alam terbuka bakal lebih mengenalkan sumber air Cakarwesi. Selain itu juga ikut melestarikan kesenian dan budaya lokal.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com