logo.png

Wow Harga Kambing Pemenang Lomba Pacuan Naik 100 Persen


Surya Malang

Wow, Harga Kambing Pemenang Lomba Pacuan Naik 100 Persen
 
surya/didik mashudi
 
Berpacu - Dua ekor kambing berlomba adu cepat di sirkuit Festival Cakarwesi, Kota Kediri, Sabtu (19/12/2015). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI -  Lomba pacuan kambing yang digelar Pemkot Kediri diharapkan berdampak positif bagi para peternak.

Kambing yang menjadi juara harga pasarannya melonjak. Sepert yang baru dialami pemenang lomba ini.

Kambing ini sudah ditawar, tetapi belum ada kesesuaian harga sehingga belum dilepas.

Jika di pasaran hanya seharga Rp 3 jutaan per ekor, jika sudah menyandang juara harganya melonjak sampai 100 persen.

Subandi (50) pemerhati ternak kambing menyambut baik kegiatan kontes pacuan kambing di Kota Kediri. Karena kegiatan itu bakal lebih menggairahkan para peternak untuk memelihara kambingnya.

"Lomba pacuan kambing ini kiat yang bagus untuk mengatrol harga ternak. Karena harga kambing selama ini hanya tinggi saat Idul Qurban," ungkapnya.

Diharapkan lomba pacuan kambing skalanya lebih ditingkatkan tidak hanya di level kecamatan saja, tapi sampai kabupaten dan provinsi. Selain itu penyelenggaraannya dilakukan rutin setiap bulan.

"Kalau ada kegiatan pacuan setiap bulan, para pemilik kambing akan lebih banyak lagi yang ikut lomba. Apalagi kalau kejuaraannya memperebutkan piala Walikota atau Bupati," ujarnya.

Selama ini lomba pacuan kambing telah dilakukan di Probolinggo. Namun sayangnya tidak dibuat menjadi kegiatan yang rutin. Diharapkan kegiatan ini terus dilakukan di Kediri.

Sementara pemenang lomba pacuan kambing dalam rangka Festival Cakarwesi di Kota Kediri bakal mendapatkan hadiah uang pembinaan dari panitia. Hadiah akan diserahkan saat penutupan hari Minggu (20/12/2015).


Sumber : suryamalang.tribunnews.com