logo.png

Pemkot Kediri tanam satu miliar pohon untuk kurangi polusi udara



Pemkot Kediri tanam satu miliar pohon untuk kurangi polusi udara - Ciptakan keseimbangan lingkungan - Ilustrasi

(Foto: Istimewa)Ilustrasi

LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka memperingati hari menanam nasional, pemerintah kota kediri adakan Gerakan Menanam Satu Miliar pohon, Jumat (18/12/2015) bertempat di halaman SMK 1 Kota Kediri.

Baidui Sunu Herlambang, Sekretaris Kota Kediri mengatakan akan pentingnya sebuah pohon dalam kehidupan ini. Hal ini adalah bentuk positif dalam mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya pohon.

“Dua hal kebutuhan kita adalah air dan udara, dengan banyak menanam pohon kualitas udara akan jauh lebih baik.” kata Baidui.

Sekretaris Daerah Kota Kediri menjadi Inspektur Upacara Gerakan Menanam Satu Milyar Pohon (18/12/2015). Bertempat di SMK Negeri 1 Kediri upacara ini diikuti oleh Polisi, TNI, pelajar, Pramuka dan Polisi Hutan.

Baidui Sunu menambahkan dengan tema banyak pohon banyak air diharapkan dengan gerakan ini akan dihasilkan udara yang baik dan air yang bermanfaat untuk kita semua. “Jadi diharapkan dengan adanya gerakan ini kita tidak hanya menanam, namun juga memeliharanya,” ujar Baidui Sunu.

Dengan menanam dan memelihara pohon lanjut Baidui Sunu, tentunya akan terjadi suatu keseimbangan antara udara dan air. “Saya harapkan gerakan ini dapat memotivasi masyarakat. Kualitas udara saat ini sudah banyak yang tercemar, untuk itu kita harus menanam pohon untuk menjaga kualitas udara bagi kelangsungan hidup,” tambahnya.

“Untuk masyarakat Kota Kediri manfaatkan lahan yang ada untuk menanam pohon. Sehingga kita akan menikmati kualitas udara yang baik dan bersih di Kota Kediri. Apalagi saat ini banyak kualitas udara dan udara yang sudah tercemar yang tentu nya tidak baik untuk kesehatan. Saya tidak ingin masyarakat Kota Kediri menghirup udara yang tidak bersih,” imbau Baidui Sunu.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Kediri Semeru Singgih mengatakan tujuan dari aksi penanaman satu milyar pohon ini sebagai sarana edukasi untuk peningkatan kepedulian masyarakat akan pentingnya memelihara dan menanam pohon.

“Aksi ini untuk mengajak masyarakat agar masyarakat menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan untuk mitigasi perubahan iklim dan merehabilitasi hutan lahan,” ujarnya. @andik kartika / adv hms


Sumber : lensaindonesia.com