2015-12-22_19.58.17ADAKITANEWS, Kota Kediri – Sebanyak sebelas atlet paralympic diberangkat untuk mengikuti Kejuaraan Paralimpic tingkat Provinsi di Sampang 23 dan 24 Desember mendatang. Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar secara khusus memberangkatkan atlet kebanggaan Kota Kediri di ruang Killi Suci Pemerintah Kota Kediri, Selasa (22/12).

Upacara pelepasan secara khusus diadakan Pemkot Kediri ini guna memberikan semangat bagi para atlet penyandang disabilitas yang akan bertanding di Sampang nanti. Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri berpesan agar saat berlaga atlet – atlet ini menjunjung tinggi sportivitas.

“Kalian adalah orang – orang terpilih untuk mengharumkan nama Kota Kediri, provinsi bahkan nasional,” ujar Mas Abu saat pelepasan di Ruang kilisuci (22/12).

2015-12-22_19.57.18Keberadaan teknologi yang semakin maju, masyarakat juga mudah mengaksesnya. Hal ini, tambah Mas Abu, para pelatih dan atlet diharapkan mampu memanfaatkannya. “Manfaatkan teknologi dan akses internet mudah untuk mengupgrade skill para atlet,” terang Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Lebih lanjut Mas Abu berharap, atlet kebanggan warga Kota Kediri mampu berprestasi dikejuaraan tersebut. Kedepannya, imbuh Mas Abu, para atlet ini akan mendapat apresiasi lebih baik lagi. “Kedepan mereka harus terus diapresiasi. Dan mereka bisa memberikan yang tebaik serta mengharumkan nama Kota Kediri,” harap Mas Abu

Kejuaraan Paralympic merupakan kejuaraan yang dikhususkan bagi penyandang dissabilitas. Data yang dihimpun tim adakitanews.com, olahraga Paralympic ini baru diakui keberadaannya pasca Perang Dunia ke II dimana jenis olahraga ini kemudian diperkenalkan secara luas. Tujuan dari pengenalan olahraga ini pada masa itu adalah untuk membantu atau memberikan dukungan pada veteran perang dan warga sipil yang mengalami kecacatan akibat menjadi korban perang.

2015-12-22_19.57.52Sementara menurut Nur Muchyar Kepala Dinas Pemuda Budaya dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri atlet Kota Kediri Nanda Meisaroh yang memperoleh tiga medali emas dalam ASEAN Paralimpic di Singapore. “Pada kejuaraan itu, Nanda meraih tiga medali emas dalam cabor lari 100 meter, 200 meter dan 400 meter,” terang Nur Muchyar pada kesempatan yang sama.(adv/hms/zay)

Keterangan Gambar : Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat memberangkatkan kontingen paralympic dari Kota Kediri menuju Sampang