logo.png

Pemkot Kediri Serahkan Ribuan Kartu Indonesia Sehat


ANTARA News Jawa Timur

Pemkot Kediri Serahkan Ribuan Kartu Indonesia Sehat
Penyerahan simbolis Kartu Indonesia Sehat di Balai Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (14/1). (foto istimewa )
 
 "Dalam melayani masyarakat gunakan bahasa yang ramah dan disertai dengan senyuman. Selain itu jangan ada perbedaan pelayanan antara pasien dengan jalur umum, dan pengguna KIS," h
 
Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyerahkan 5.795 Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga berekonomi kurang mampu di tiga kecamatan.

"KIS merupakan pengganti dari Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat atau Jamkesmas," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kepada wartawan di Balai Kota Kediri, Kamis.

Ia berharap pendistribusian KIS tepat sasaran. Kartu itu digunakan untuk kebutuhan pelayanan kesehatan mulai dari tingkat dasar sampai lanjutan.

"Saya berharap saat pendataan harus tepat sasaran, agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kota Kediri yang membutuhkan," ujarnya. 

Pemerintah Kota meminta seluruh tim medis memberikan pelayanan yang ramah terutama kepada warga yang memegang KIS. Mereka harus mendapatkan pelayanan yang terbaik jika berobat.

"Dalam melayani masyarakat gunakan bahasa yang ramah dan disertai dengan senyuman. Selain itu jangan ada perbedaan pelayanan antara pasien dengan jalur umum, dan pengguna KIS," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Sentot Imam Suprapto mengatakan jumlah KIS yang disalurkan saat ini masih tahap pertama. 

Jumlah kartu yang disalurkan sebanyak 5.795 kartu yang didistribusikan ke tiga kecamatan wilayah Kota Kediri, yaitu Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota dan Kecamatan Pesantren.

Kartu itu diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kediri, sementara untuk pendataan dilakukan oleh pemerintah kota. Pendataan dilakukan oleh tim dengan merujuk pada warga yang kurang mampu.

Data warga miskin di Kota Kediri masih cukup banyak lebih dari 12 ribu kepala keluarga. Mereka mendapatkan perhatian dari pemerintah kota, dengan beragam program, misalnya mendapatkan kartu jaminan, maupun program beras untuk warga miskin.

Pada November 2015, BPJS Kesehatan Cabang Kota Kediri juga telah memberikan 48.834 kartu kepada warga miskin. Pendistribusian kartu itu juga lewat kelurahan untuk diberikan langsung kepada warga bersangkutan. 

Selain pembagian KIS, dalam kesempatan tersebut juga diselenggarakan sosialisasi oleh BPJS kepada pegawai puskesmas se-kota Kediri, rumah sakit, dan satker terkait. Kegiatan itu dihadiri Kepala cabang BPJS Kesehatan Kota Kediri Hernina Agustin Arifin. (*)

Editor: Endang Sukarelawati


Sumber : antarajatim.com