logo.png

Wali Kota Kediri Kampanyekan Hidup Sehat dengan Bersepeda


ANTARA News Jawa Timur

Wali Kota Kediri Kampanyekan Hidup Sehat dengan Bersepeda
Wali Kota saat bersepeda dengan jurnalis Kediri, Minggu (24/1) (foto istimewa )
 
 Wali Kota Kampanyekan Hidup Sehat dengan Bersepeda 
 
Kediri (Antara Jatim) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengampanyekan hidup sehat dengan bersepeda sehingga bisa menggerakkan seluruh otot badan, ketimbang selalu naik mobil ataupun sepeda motor yang tidak seaktif.bersepeda.
     
"Ada banyak cara untuk hidup sehat, misalnya senam, bersepeda. Di setiap hari Minggu sebenarnya juga ada acara 'car free day', dimana masyarakat bisa olahraga di situ," katanya setelah bersepeda bersama jurnalis di Kediri, Minggu.
     
Ia mengaku, gencar melakukan kampanye hidup sehat, salah satunya dengan bersepeda. Masyarakat bisa berkeliling kota dengan mengendarai sepeda di setiap waktu, misalnya pagi atau malam hari.
 
"Ini tentu bukan hanya soal gaya hidup, melainkan juga untuk kesehatan. Jika fisik dijaga dan dilatih, ke depan bisa menghemat biaya kesehatan untuk seluruh masyarakat," ujarnya.
     
Ia pun menganjurkan seluruh masyarakat di Kediri untuk bersama-sama mengampanyekan gaya hidup sehat, salah satunya dengan bersepeda. Mereka bisa naik sepeda baik dengan kelompok ataupun sendiri-sendiri.
     
"Gunakan tiap akhir pekan, Minggu untuk menjaga kebugaran tubuh," harapnya.
     
Sementara itu, Anwar Basalamah, salah seorang jurnalis yang ikut dalam acara itu mengatakan ia dengan teman-teman jurnalis lainnya memang rutin mengadakan kegiatan bersepeda bersama.
     
"Biasanya tiap akhir pekan, kami bersama-sama bersepeda. Rutenya juga bergantian tergantung kesepakatan," katanya.
     
Ia mengaku, dengan bersepeda sangat membantu kesehatan tubuhnya, terlebih lagi ia pun jarang mempunyai waktu untuk olahraga. Setiap hari, ia bekerja di lapangan lalu ke kantor dan pulang lebih sering malam hari.
     
Untuk itu, lanjut dia, akhir pekan adalah waktu yang ia luangkan dengan teman-teman untuk bersepeda. Ia pun mengaku, saat in tubuhnya lebih sehat dan selalu segar. Walaupun aktivitasnya padat, ia mengaku tidak capai.
     
Pemkot Kediri juga berencana membuat jalur khusus untuk pesepeda yang ditempatkan di sejumlah jalan protokol di Kota Kediri. Saat ini, jalur khusus pesepeda masih ada di daerah jalan raya Pabrik Rokok Gudang Garam, Tbk, Kediri, namun jalur itupun tidak terlalu lebar.
     
Di Kediri juga banyak komunitas pesepeda. Selain kelompok para jurnalis Kediri, juga ada masyarakat umum yang tergabung dalam "Kediri Night Ride". Mereka juga rutin mengadakan berseda bersama, namun lebih dilakukan pada malam hari. Terdapat juga komunitas sepeda kuno. Mereka juga selalu rutin mengadakan bersepeda bersama, dengan jalur hingga berbagai daerah. (*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo


Sumber : antarajatim.com