logo.png

Satgas Densus DKP Gelar OTT Pembuang Sampah


Satgas Densus DKP Gelar OTT Pembuang Sampah

Satgas Densus DKP saat amankan remaja putri pembuang sampah sembarangan.

KEDIRI (BM) - Mengacu Peraturan Daerah Kota Kediri No. 3 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah, Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) kemudian membentuk Satuan Tugas Detasemen Khusus (Satgas Densus), yang dikomandani Eko Budi Santoso, Kasi Kebersihan Kebersihan Jalan dan Saluran. Hasilnya, dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar Rabu (27/1) dini hari, berhasil mengamankan 5 orang warga Kota Kediri yang terbukti membuang sampah sembarangan.
 
Operasi itu digelar, dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, hingga Pemkot melalui DKP serius menyikapi keberadaan sampah yang berserakan di jalan. Meski pihak DKP telah membentuk Pasukan Pendekar Kebersihan yang setiap pagi dan sore menyapu sepanjang jalan kota, namun masih saja ditemukan sejumlah orang yang seenaknya membuang sampah.
 
“Kami sudah sosialisasikan terkait Perda Pengelolaan Sampah selama satu bulan ini. Saat operasi pertama kami masih berikan dispensasi meski sempat terjadi aksi kejar – kejaran, namun pada operasi digelar tadi dinihari (Rabu, red), terpaksa beberapa orang kita kenakan sanksi dengan membuat surat pernyataan,” jelas Budi Gareng panggilan akrab Kasi Kebersihan dan Saluran DKP.
 
Kalau terbukti melanggar, maka pihak DKP yang bekerjasama dengan Satpol PP dan Kepolisian, akan mengenakan sanksi denda sebesar Rp 250 ribu atau menyapu jalan sepanjang 500 meter. Sejumlah orang yang tertangkap tangan pun menyatakan jera dan mengaku akan membuang sampah pada tempatnya.
 
Sekadar diketahui, keberadaan Densus DKP bisa dikatakan sebagai petugas yang selalu mengintai dan merekam kegiatan pelaku pembuang sampah sembarangan. Adapun bekal kelengkapan utama, berupa handphone yang mampu merekam video, meski secara umum masih menggunakan milik pribadi. (bud/epe)

Sumber : beritametro.co.id