logo.png

Warga Kota Kediri Wajib Miliki E-KTP


Warga Kota Kediri Wajib Miliki E-KTP

Dispendukcapil ketika jabarkan data penerima Kartu Indonesia Sehat

KEDIRI (BM) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri, melalui Kepala Bidang penyajian Informasi Administrasi dan Kependudukan Dispendukcapil, Kota Kediri, Rice Aryza Nusivera mengatakan, masa berlaku Kartu tanda penduduk (KTP) non-elektronik, sebenarnya sudah tidak berlaku saat ini. Ketentuan ini berlaku, bagi warga yang belum menerima KTP elektronik (e-KTP) secara fisik.
 
Rice menjelaskan, ketentuan masa berlaku KTP non-elektronik diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2013 tentang Perubahan Keempat atas Perpres Nomor 29, tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis induk kependudukan. “Sebenarnya, mulai tahun 2015, penggunaan KTP  tidak diberlakukan lagi di seluruh pelayanan publik baik di instansi pemerintah maupun swasta. Dan hal ini harus dipahami,” kata Rice, Rabu ( 3/2).
 
Menurutnya, masa berlaku KTP non-elektronik hingga 31 Desember 2014 dan KTP lama tidak berlaku lagi di tahun 2015. “KTP non-elektronik masa berlakunya sampai 31 Desember 2014 ini, dan 2015 KTP lama tidak akan dipakai, selama tidak ada pemberitahuan dari pusat untuk peraturan pengunduran masa berlakunya KTP, kami tetap tidak akan memberlakukan KTP lama ”imbuhnya.
 
Untuk itu, Rice menambahkan, supaya warga Kota Kediri, yang masih belum melakukan perekaman data, dikarenakan belum memahami ataupun sebagian besar warga berada di perantauan, supaya segera mengurus e-KTP.
 
“Proses pembuatan e-KTP baru sebenarnya tidak memakan waktu lama, dan hanya membutuhkan proses minimal 3 hari dan maksimal 5 hari, asalkan persyaratan lengkap. Untuk e-KTP yang rusak atau hilang, hanya diperlukan proses satu hari selesai dengan ketentuan yang sama,” pungkasnya.
 
Namun sosialisasi ini dikeluhkan beberapa warga. Seperti yang dilontarkan Antok, salah watu warga Kecamatan Kota Kediri. Dia belum memahami kalau KTP non-elektronik sudah tidak berlaku lagi. “Jujur, saya belum mengetahui kalau KTP saya non elektronik tidak berlaku lagi. Ya harapanya, ada sosialisasi dari Dinas terkait, tentang hal ini supaya masyarakat bisa tahu,” harapnya. (bud/epe)

Sumber : beritametro.co.id