logo.png

Pemkot Kediri Bakal Pasang CCTV Untuk Awasi Pembuang Sampah Sembarangan


Surya

Pemkot Kediri Bakal Pasang CCTV Untuk Awasi Pembuang Sampah Sembarangan
 
SURYA.co.id/Didik Mashudi
 
Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri meminta pembuang sampah membuat surat pernyataan. 

SURYA.co.id I KEDIRI - Sejumlah kawasan rawan pembuangansampah di Kota Kediri bakal disiapkan kamera pengintai CCTV. Pemasangan CCTV untuk menangkal masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

"Idealnya kami punya kamera CCTV untuk memonitor pelaku pembuang sampah sembarangan. Kalau ada CCTV untuk melakukan operasi tidak butuh personel banyak," tandas Eko Budi Santoso dari Tim Satgas penindakan pembuang sampah, Minggu (7/2/2016).

Selama ini tim penindakan untuk sekali operasi gabungan minimal melibatkan sekitar 16 personel. Jika ada kamera CCTVcukup 6 personel saja.

Budi menambahkan, kamera CCTV tersebut sifatnya juga mobil sehingga dapat dipindahkan ke lokasi yang tengah dipantau. "Masih banyak titik rawan yang perlu kami pantau secara intensif," tambahnya.

Beberapa titik lokasi rawan pembuangan sampah kabanyakan berada di kawasan sungai dan selokan tepi jalan.

Karena ada kecenderungan pembuang sampah pelakunya warga yang tidak mau membayar iuran sampah di lingkungannya.

"Karena tidak mau membayar iuran, sampahnya dibuang sendiri di sembarang tempat," ungkapnya.

Budi menambahkan, sejak mulai diberlakukan Perda No 3/2015 tentang Pengelolaan Sampah sudah menindak 6 pelaku pembuang sampah sembarangan. Para pelaku yang tertangkap tangan telah diminta membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Sanksi bagi pembuang sampah sembarangan berupa denda uang tunai Rp 200.000 atau menyapu jalan sepanjang 500 meter. Namun lokasi yang akan disapu ditentukan pihak DKP.


Sumber : surabaya.tribunnews.com