logo.png

Petugas Razia Olahan Cokelat Antisipasi Kedaluwarsa


ANTARA News Jawa Timur

Petugas Razia Olahan Cokelat Antisipasi Kedaluwarsa
Petugas sidak makanan olahan cokelat, Kamis (11/2) (foto Asmaul Chusna)
 
 Dwi mengaku, dalam kejadian sebelumnya di luar Kota Kediri ternyata marak ditemukan berbagai olahan cokelat yang sudah kedaluwarsa. Selain itu, ternyata juga ada penjualan cokelat yang berhadiah alat kontrasepsi.
 
Kediri (Antara Jatim) - Petugas gabungan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Kota Kediri dengan dinas kesehatan dan kepolisian setempat melakukan inspeksi mendadak (sidak) berbagai olahan cokelat mengantisipasi barang kedaluwarsa beredar.
 
"Kami lakukan pengawasan peredaran makanan dan minuman, karena kami tidak ingin kecolongan," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindagtamben Kota Kediri Dwi Rahman di Kediri, Kamis.
 
Ia mengatakan peredaran berbagai olahan cokelat menjadi perhatian terseendiri dalam sidak ini. Salah satunya, karena mendekati perayaan valentine yang identik dengan pemberian berbagai olahan cokelat.
 
Dwi mengaku, dalam kejadian sebelumnya di luar Kota Kediri ternyata marak ditemukan berbagai olahan cokelat yang sudah kedaluwarsa. Selain itu, ternyata juga ada penjualan cokelat yang berhadiah alat kontrasepsi.
 
Ia menegaskan tidak ingin ada kejadian itu di Kediri. Untuk itu, saat ini intensif melakukan sidak ke sejumlah pusat perbelanjaan di Kediri, guna memastikan barang yang dijual tidak kedalurwarsa serta memantau berbagai promo yang tidak baik.
 
Tim melakukan sidak ke pusat perbelanjaan Transmart Kediri di Jalan Hayam Wuruk, Kota Kediri. Setelah ditemui oleh manajemen, petugas masuk dan menuju ke gerai penjualan olahan cokelat.
 
Petugas juga meneliti masa kedaluwarsa berbagai olahan cokelat yang dijual itu. Selain itu, petugas juga meneliti berbagai makanan kaleng, guna mengetahui kaleng yang dijual itu apakah penyok atau tidak.
 
Dari pantauan petugas tidak menemukan berbagai macam makanan ataupun olahan cokelat yang sudah kedaluwarsa. Namun, petugas tetap mengingatkan pada manajemen agar menjual barang yang tidak kedaluwarsa serta memerhatikan kualitas makanan. Selain makanan dalam kemasan ataupun kaleng, juga harus diperhatikan makanan yang disimpan dalam almari pendingin.
 
Perwakilan dari manajemen Transmart Kediri Ketut Riono mengatakan manajemen selalu memerhatikan kualitas barang yang dijual. Petugas juga selalu melakukan pengecekan, agar kualitas terjamin.
 
"Kami selalu sesui dengan prosedur dengan melakukan pengecekan barang," kata Ketut.
 
Selain di Transmart Kediri, petugas juga singgah ke pusat perbelanjaan Golden Swalayan yang lokasinya berhadapan dengan Transmart Kediri. Petugas juga masuk dan menuju ke lokasi olahan cokelat.
 
Petugas juga melakukan pengecekan produk, kualitas, salah satunya melihat tanggal kedaluwarsa. Namun, petugas tidak menemukan benda yang melanggar batas, dan tetap masih bisa dikonsumsi. (*)    

Editor: Chandra Hamdani Noer


Sumber : antarajatim.com