logo.png

Pemkot Kediri Keluarkan Larangan Rayakan Hari Valentine


DetikNews

 

Pemkot Kediri Keluarkan Larangan Rayakan Hari Valentine

Kediri - Larangan merayakan Hari Valentine juga dikeluarkan Pemkot Kediri. Hari kasih sayang yang diperingati setiap 14 Februari itu dinilai kurang sesuai dengan adat dan budaya timur.

Untuk itu, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan Kota Kediri menerbitkan Surat Edaran No. 074/874/419.42/2016 yang ditujukan kepada seluruh sekolah mulai tingkat SD, SMP-MTS, hingga SMA-MA agar tidak merayakan Hari Valentine.

Surat edaran tersebut resmi dikeluarkan, Jumat (5/2/2016) lalu. Surat edaran tersebut sengaja diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Kediri sesuai dengan Peranturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 23, Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti siswa sekolah. Dimana seorang siswa harus menunjukkan budaya lokal, agama sesuai dengan dasar negara Pancasila.

"Jadi ini sesuai dengan Permendikbud dan wajib ditaati keseluruh jajaran sekolah, makanya saya mengeluarkan edaran agar tidak merayakan valentine," ucap . Kepada detikcom saat ditemui di kantornya, Jumat (12/2/2016).

Surat edaran larangan merayakan Hari Valentine merupakan kekhawatiran pemerintah akan kenyataaan yang ada di lapangan, karena hari valentine sering diasosiasikan sebagai acara yang menunjukkan kasih sayang dengan lawan jenis dan pasangan kekasihnya.

"Kekhawatiran kami bahwa Valentine biasanya ditunjukkan dengan sayang pasangannya, padahal kasih sayang tidak harus dengan kekasih atau pacar, namun bisa juga kepada guru, atau pihak sekolah di hari valentine itu," imbuh Siswanto.

Tak hanya kepada seluruh sekolah di Kota Kediri, Pemkot Kediri juga memberi intruksi kepada masing-masing sekolah untuk ikut mengeluarkan edaran kepada orang tua wali agar ikut mengawasi dan melarang putra putrinya mengikuti, atau merayakan hari valentine.

Tak hanya imbauan, Pemkot Kediri juga akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan di sekolah, jika ada siswa yang terbukti bandel tetap merayakan Hari Valentine. 
(bdh/bdh)


Sumber : detik.com