logo.png

Razia Penambang Pasir 5 Orang Diamankan 9 Perahu Dihanyutkan 1 Dibakar



Reporter : Nanang Masyhari

Razia Penambang Pasir, 5 Orang Diamankan, 9 Perahu Dihanyutkan, 1 Dibakar

Kediri (beritajatim.com) – Sebanyak lima orang penambang pasir di aliran Sungai Brantas sekitar Kelurahan Semampir, Kota Kediri diamankan petugas dalam razia yang digelar petugas Satpol PP. Razia ini digelar, karena lokasi penambangan berada dekat dengan jembatan.

Kasi Trantib Satpol PP Kota Kediri Nur Khamid mengatakan, penertiban kali ini dilakukan terhadap para penambang pasir mekanik dan manual yang beroperasi di sekitar Jembatan Semampir. Sebanyak lima orang penambang yang berhasil diamankan langsung dibawa untuk dilakukan pemeriksaan.

“Aktivitas pertambangan yang mereka lakukan merusak lingkungan, salah satunya keberadaan jembatan. Mereka menggunakan sarana penangkutan pasir dari sungai berupa perahu. Kita langsung menghanyutkan perahu-perahu mereka dan membakar satu unit perahu yang tidak dapat kami lepaskan,” kata Nur Khamid, Rabu (17/2/2016).

Untuk diketahui, aksi penambangan pasir kembali marak di Kota Kediri disekitar bantaran Sungai Brantas, selain penambangan manual juga penambangan pasir mesin. Penambang mengambil pasir di sekitar semampir juga di sekitar Kelurahan Bandar, dan Kelurahan Manisrenggo. (nng/kun)


Sumber : beritajatim.com