logo.png

Petugas Gabungan di Kediri Hanyutkan dan Bakar Perahu Penambang Liar


DetikNews

 
Petugas Gabungan di Kediri Hanyutkan dan Bakar Perahu Penambang LiarFoto: Andhika Dwi

Kediri - Dianggap membahayakan konstruksi jembatan dan ekosistem Sungai Berantas di Kota Kediri, puluhan petugas gabungan merazia di sepanjang bantaran sungai. Bantaran sungai ini biasanya ada penambang pasir secara tradisional.

Razia yang digelar di sepanjang bantaran Sungai Berantas di Desa Semampir dan Bandar, anggota gabungan Satpol PP dan Polres Kediri terpaksa menindak tegas penambang pasir yang terbukti masih melakukan penambangan. Petugas menenggelamkan dan menghanyutkan perahu yang digunakan mencari pasir.

Tak hanya menghanyutkan, petugas juga sempat membakar salah satu perahu yang terbuat dari bambu dan tali serta kayu tersebut.

"Ini langkah tegas yang harus kami lakukan karena apa yang dilakukan para penambang pasir ini membahayakan selain jembatan kota, juga bahaya bagi para penambang pasir sendiri," kata Nur Khamid, Kasie Trantib Satpol PP Kota Kediri, Rabu (17/2/2016).

Selain menghanyutkan dan membakar sejumlah perahu, petugas juga mengamankan 5 orang yang terbukti sebagai pengepul pasir yang sedang ditambang warga.

"Ini kami amankan juga 5 orang yang berada di lokasi penambangan pasir, diduga sebagai pengepul pasir yang berasal dari luar kota kediri, semntara kami amankan dan dimintai keterangan," imbuh Nur Khamid.


Sumber : news.detik.com