logo.png

Hadapi MEA Puluhan Tukang Becak di Kediri Belajar Bahasa Inggris


 
Bangsa Online - Portal Berita Jawa TImur
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat melihat para abang becak belajar bahasa Inggris di balai RW Kelurahan Balowerti Kota Kediri. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA), para abang becak yang biasa mangkal di stasiun Kediri mengikuti kursus Bahasa Inggris. Para tukang becak, pedagang dan tukang ojek secara gratis bisa belajar bahasa Inggris melalui Program English Massive (EMAS).

Kursus gratis ini digelar di balai RW 07 Kelurahan Balowerti Kecamatan Kota Kediri. Peserta khursus banyak yang antusias mengikuti kegiatan tersebut. Seperti yang diungkapkan Nowo Doso salah satu peserta khursus yang mengatakan, jika sangat mendukung program pemerintah tersebut.

"Dengan adanya khursus gratis pada kami tentunya akan mendongkrak perekonomian warga karena bisa bahasa inggris dan mungkin bisa bisa mengantar turis mancanegara yang ingin berwisata di Kediri. Kami tukang becak dan tukang ojek sering mengantar turis yang turun di stasiun kediri," kata Nowo Doso, Kamis (24/3).

Sementara itu, Wali Kota Kediri yang secara langsung melihat para abang becak belajar bahasa Inggris merasa kagum atas semangat yang dilakukan para abang becak yang mau belajar.

"Kami bersyukur, mereka mau belajar bahasa Inggris. Tentunya dengan mereka nantinya bisa bahasa Inggris mempunyai nilai plus jika ada turis asing yang ingin wisata ke kediri," ujarnya.

Menurut Mas Abu, program EMAS dilaksanakan di seluruh balai RW yang ada di Kota Kediri. Masyarakat bisa belajar bahasa Inggris dengan dipandu tutor-tutor yang mahir. "Bahkan, dalam kursus bahasa Inggris ini juga ada relawan yang didatangkan dari luar negeri. Seperti hari ini ada relawan dari Amerika," ujarnya.

Sementara itu sesuai data, program EMAS ini sudah mulai berjalan di beberapa balai RW. Untuk tahap awal yang sudah berjalan di Balowerti, Ngampel, Ngadirejo, Banjaran, Tosaren. (rif/rev)


Sumber : bangsaonline.com