logo.png

Kampus Universitas Brawijaya di Kediri Digrojok Rp 18 Miliar Ini Lokasinya


Surya Malang

Kampus Universitas Brawijaya di Kediri Digrojok Rp 18 Miliar, Ini Lokasinya
 
Google
 
Universitas Brawijaya 


SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar optimistis kampus 3 Universitas Brawijaya (UB) di KotaKediri tahun 2016 ini sudah mulai dibangun. Lokasi bangunan kampus UB ini berada di lahan eks tanah kas Kelurahan Mrican.

"Insya Allah gedungnya tahun ini sudah mulai dibangun. Bangunan nanti berupa gedung perkuliahan," ungkap Abdullah Abu Bakar kepada wartawan, Rabu (30/3/2016).

Pemkot Kediri memang memberi banyak kemudahan terkait dengan keberadaan UB di Kota Kediri. Salah satunya menyiapkan fasilitas bangunan sebagai prasarana perkuliahan.

Supaya tidak gagal lagi, keberadaan UB di Kota Kediri harus sesuai ketentuan sehingga tidak boleh menabrak aturan.

"Kami memang membangun hubungan lagi dengan UB," jelasnya.

Wali kota berharap dengan upayanya sekarang dapat menghadirkan lagi UB di Kota Kediri.

"Memang masih ada beberapa kemungkinan. Namun kami optimis ihtiar akan ini berhasil," harapnya.

Untuk tahap pertama pembangunan gedung perkuliahan nanti bakal menelan anggaran sekitar Rp 18 miliar. Dana pembangunan kampus ini disiapkan APBD Kota Kediri 2016.

Skema ini memang berbeda dari rencana awal keberadaan UB di Kota Kediri. Semula pihak UB yang akan membangun sendiri gedungnya perkuliahan.

UB mulai menerima mahasiswa baru dan membuka perkuliahan di Kota Kediri mulai 2011. Namun dalam prakteknya banyak ditemui kendala di lapangan. Salah satunya hingga tiga tahun beroperasi bangunan kampusnya tak kunjung direalisasi.

Padahal target awal, tahun kedua membuka kuliah sudah mulai membangun kampus. Akhirnya seluruh mahasiswa saat ini telah ditarik ke kampus pusat di Malang.

Salah satu masalah pemakaian tanah eks kas Kelurahan Mrican seluas 23 hektar yang semula akan dibeli UB akhirnya menjadi hibah murni karena menyangkut kepentingan sesama pemerintahan. Termasuk master plan kampus UB bakal direvisi pemkot.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com