logo.png

DKP Kediri Sosialisasikan Perda Sampah di Tempat Keramaian


 

DKP Kediri Sosialisasikan Perda Sampah di Tempat Keramaian

      Petugas DKP beserta relawan peduli sampah saat melakukan sosialisasi Perda nomor 3 tahun 2015

KEDIRI (BM) - Bertujuan memberikan pemahaman akan kepedulian masyarakat, agar lebih peduli terhadap sampah. Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, melakukan sosialisasi Perda nomor 3 tahun tahun 2015 tentang Sampah.
 
Diharapkan, dengan perda itu masyarakat Kota Tahu khususnya untuk lebih menyadari kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Sementara, lokasi yang dituju petugas DKP dan relawan peduli sampah dalam menyosialisaikan Perda sampah dipusatkan di keramaian, Sabtu (2/4), malam.
 
Di antaranya, Alun-Alun Kota Kediri, Taman Ngronggo, Jalan Dhoho dan juga depan halaman Kediri Town Square. Seperti yang diungkapkan Kepala DKP Kota Kediri melalui Kepala Bidang Kebersihan Endang Kartika Sari , sosialisasi Perda nomor 3 tahun 2015 itu dilakukan, supaya saat dilakukan razia nantinya masyarakat tidak kaget.
 
Selauin itu, dalam Perda tersebut juga diterapkan sanksi bagi pelanggarnya. "Dalam Perda Sampah ini jika dilanggar jelas ada sanksinya berupa denda Rp 200 ribu dan menyapu jalan hingga 500 meter," kata Endang. 
 
Lebih lanjut, Endang mengatakan jika dalam sosialisasi yang dilakukan petugas dan relawan kebersihan itu di sejumlah titik keramaian, lantaran warga kerap membuang sampah tidak pada tempatnya. Makanya, sosialisasi dilakukan pada malam hari.
 
"Malam hari karena masyarakat yang kurang sadar kebersihan kota ini kerap membuang sampah ketika kondisinya sepi,” imbuh Endang.
 
Namun, lanjutnya meski melakukan sosialisasi terhadap pembuang sampah sembarangan, pihaknya tidak serta merta memberi sanksi bagi para pelanggar. Melainkan, DKP hanya meminta KTP pelanggar dan memberi pembinaan di tempat untuk tidak membuang sampah sembarangan. (bud/adu/nov)

Sumber : beritametro.co.id