logo.png

Bantaran Sungai Brantas Kota Kediri Bakal Dibangun Jogging Track


Surya Malang

Bantaran Sungai Brantas Kota Kediri Bakal Dibangun Jogging Track
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Kawasan bantaran Sungai Brantas di Kota Kediri bakal direvitalisasi menjadi area publik, Selasa (10/5/2016). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Kawasan bantaran Sungai Brantas di Kota Kediri bakal dimanfaatkan untuk areal open space dan ruang terbuka hijau (RTH). Sehingga kawasan bantaran sungai dapat memberi nilai ekonomis.

Saat ini proses perencanaannya proyek revitalisasi bantaran sungai telah mulai dilelang. Diharapkan tahun depan sudah dimulai pembangunannya.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar menyebutkan, kawasan bantaran sungai nantinya bakal dibangun arena jogging track dan taman bermain.

Lokasi bantaran yang bakal direvitalisasi ini berada di depan Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kota Kediri. Lahan bantaran yang memanjang mulai dari Jembatan Lama dan Jembatan Brawijaya saat ini masih kumuh.

"Proses perizinan untuk memanfaatkan bantaran Sungai Brantassudah diurus di Jakarta. Pihak DAS Brantas juga tidak keberatan," ungkap Nur Muhyar kepada Surya, Selasa (10/5/2016).

Dijelaskan revitalisasi kawasan bantaran sungai ini bakal semakin menunjang keberadaan Jembatan Brawijaya. Sehingga kawasan bantaran nanti punya nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Dari pihak DAS Brantas sendiri memperbolehkan dengan catatan tidak menggunakan konstruksi berat dan permanen serta mengganggu fungsi sungai," jelasnya.

Selama ini kawasan bantaran sungai telah sering difungsikan untuk kegiatan publik dan pertunjukan. Malahan pesta terompet menyambut tahun baru juga digelar di bantaran sungai.

Termasuk pemanfaatan bantaran untuk rintisan usaha perahu wisata telah dilakukan. Animo pengunjung saat hari libur juga banyak.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com