2016-05-14_19.00.39ADAKITANEWS, Kota Kediri – Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar meresmikan Ruang Instalansi Diagnostik dan Intervensi Kardiovasculer (IDIK)  di Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran Kota Kediri, Sabtu (14/05). Alat ini merupakan yang pertama dan tercanggih di RS seluruh Jawa Timur.

Pantauan tim adakitanews.com, Mas Abu, sapaan Walikota Kediri dengan didampingi tim medis RSUD dr Soetomo dan Direktur RSUD Gambiran, dr H Fauzan Adima langsung melihat proses alat tersebut di ruangan pasien tempat diresmikannya IDIK. Ia mengatakan, keberadaan alat baru tersebut memberikan kemudahan warga Kediri dalam berobat dengan tanpa jauh-jauh ke Ibukota Propinsi Jawa Timur.

“Mudah-mudahan dengan alat Intervensi Kardiovasculer baru ini pasien masyarakat Kota Kediri sudah tidak lagi jauh-jauh harus ke Surabaya, di Rumah Sakit dr Soetomo,” ungkap Mas Abu.

Selanjutnya, Mas Abu melihat adanya alat IDIK bisa menambah semangat para dokter dan perawat di RSUD Gambiran. Selain itu, Mas Abu berharap RSUD Gambiran bisa lebih maksimal dalam melayani pasien.

“Dengan kelengkapan ini RSUD Gambiran dalam hal pelayanan akan menjadi lebih baik dan juga mampu mengurangi kematian yang diakibatnya oleh sakit jantung,” ungkapnya.

Sementara, Direktur RSUD Gambiran, dr Fauzan Adima mengatakan fungsi alat tersebut bisa digunakan untuk memeriksa struktur anatomi serta fungsi jantung. Selain itu, dapat memeriksa juga pembuluh darah termasuk ruang otot jantung, ketup jantung dan pembuluh darah koroner tanpa suatu pembedahan apapun.

“Alat ini mampu untuk mendiagnosa sekaligus melakukan terapi pasien yang terkena jantung, penyumbatan pembuluh darah jantung (jantung koroner,red) yang kemudian bisa kita pasang ring dan pasang cincin di jantung,” ungkapnya.

Menurut Fauzan alat ini mempunyai tipe terbaru yakni tipe 502, dimana lebih canggih dari pada tipe 302 yang sudah dimiliki Rumah Sakit dr Soetomo. “Alat ini merupakan alat tercanggih di Jawa Timur,” jelas Direktur RSUD Gambiran ini.

Lebih lanjut Fauzan Adima berharap dengan hadirnya alat canggih ini, RSUD Gambiran akan mampu lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat Kota Kediri. “Alatnya dan SDM nya sudah mumpuni. Dengan di dampingi oleh RS dr Soetomo Surabaya harapannya mampu mengurangi angka kematian bagi pasien jantung,” pungkasnya.(Adv/Hms/Zam)

Keterangan Gambar : Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar melihat alat kesehatan baru Instalansi Diagnostik dan Intervensi Kardiovasculer (IDIK) di RSUD Gambiran.