logo.png

Tenun Ikat Kediri Melenggang di Istanbul Modest Fashion Week Turki Ini Komentar Dekranasda Kediri


"Nautical Theme" Tema Yang Diangkat Hannie Hananto pada rancangannya di IMFW 2016 menggunakan bahan Tenun Ikat Bandar Kediri. (Instagram Hannie Hananto)

ChanelMuslim.com – Perdana  , Tenun Ikat Kediri melenggang di Kancah Internasional. Lewat tangan apik Hannie Hananto , Tenun Ikat Kediri yang disulap menjadi busana yang fashionable dan menarik.

Bagi Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kediri, Ferry Silviana Feronica merupakan sebuah prestasi membanggakan bagi Kediri tetapi ini bukan tujuan akhir.

“Saya senang dan bangga,tapi ini bukan tujuan akhir,tenun ikat bandar harus terus dipromosikan dan dilestarikan,” ujar perempuan yang biasa disapa Bunda Fey ini kepadachanelmuslim.com, Senin (16/5).

Istri Walikota Kediri ini mengatakan bahwa target Dekranasda berikutnya bisa bekerjasama dengan brand fashion untuk mengusung tenun ikat kediri. berikutnya menjalin kerjasama dengan satu brand fashion yang mau menggunakan material tenun kita,tentu kerjasama ini harus menguntungkan 2 belah pihak. Tenun ikat dihargai layak.bukan malah ditekan habis,” ujarnya lagi

Selain itu pengrajin , kata Bunda Fey bahwa juga harus di edukasi untuk bisa memposisikan produknya sebagai karya seni.

“Jangan mau kalo produknya dipesan orang lalu asal di branding sama pihak lain,ini menyedihkan buat saya,dan ini terjadi lho,tenun milik salah satu pengrajin masuk ke gerai modern market nasional,tapi sampai sana brand nya ganti,” tutupnya. (jwt)


Sumber : chanelmuslim.com