logo.png

Pasar Tradisional Masih Tetap Diminati


Berita Metro

Pasar Tradisional Masih Tetap Diminati
Yazin
KEDIRI (BM) - Sejak dimulainya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), ternyata tidak memberikan banyak efek yang ditimbulkan. Mungkin, awal ini masih belum kelihatan tetapi ke depan pasti pengaruhnya sangat besar.
 
Lalu, bagaimanakah nasib pasar tradisional selanjutnya. Khususnya di Kota Kediri, sampai saat ini masih terus mengalami peningkatan pemasukan. Bahkan, untuk bulan-bulan konsumtif seperti hari-hari besar, biasanya meningkat sampai 10 persen dari bulan-bulan biasa.
 
Terkait MEA yang sudah berlaku, Yazin selaku Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kediri menyatakan optimis bahwa pasar tradisional tidak akan mati dengan adanya pasar modern yang notabene sebagai tempat perputaran barang dari luar negeri, ketika MEA berlangsung.
 
“Masyarakat tidak akan bisa lepas dari pasar tradisional”, katanya.
 
Menurutnya ada beberapa ciri khas pasar tradisional yang menyebabkan masyarakat akan tetap memilih pasar tradisional. Adapun ciri khasnya adalah pertama segmen nya berbeda, dalam artian bahwa golongan pembelinya berbeda. Kemudian yang kedua adalah jenis barangnya berbeda, yang mana barang yang disajikan di pasar tradisional jenisnya banyak yang berbeda dengan apa yang disajikan di pasar modern.
 
Ketiga adalah adanya keterikatan pengunjung dengan pedagang. Menurutnya dari tiga ciri tersebut, faktor nomor tiga merupakan faktor yang terkuat yang mengikat pengunjung selalu berulang untuk mengunjungi pasar. “Jadi ada ikatan antara pengunjung dan penjual, hal ini lah yang tidak dimiliki pasar modern”, katanya. (roj/nov) 

Sumber : beritametro.co.id