logo.png

PPDB Online Kota Kediri Jalur Kemitraan dan Prestasi Dibuka 20 Juni


Harian Bhirawa Online

Cevy Ning Suyudi

Cevy Ning Suyudi

Kota Kediri, Bhirawa.
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri sudah mulai mengumumkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun 2016. Ada beberapa jalur yang ditempuh dinas pendidikan pada PPBD kali ini, Diantaranya Jalur Kemitraan , jalur prestasi dan jalur reguler.  Selain PPDB melaui tiga jalur ini ada beberapa sekolah yang melakukan PPDB secara mandiri.
Untuk PPDB jalur Kemitraan dan seleksi Prestasi,  pendaftaran untuk SMP dan SMA dibuka mulai 20-23 juni 2016, semntara untuk SMK 20-23 juni 2016, dan pengumanan dilakukan pada 24 juni, pendaftaran dilakukan di kantor Dinas Pendidikan Kota Kediri.
“Sedangkan untuk jalur reguler untuk SMP-SMA dilaksanakan pada tanggal 27-29 juni dan untuk SMK dibuka padtanggal 20-25 juni 2016, untuk lokasiny melaui online dan verifikasi ke sekolah,” kata Kandindik Kota Kediri Siswanto melalui Kasi Penyusunan Program Cevy Ning Suyudi.
Lebih lanjut, Cevy  menjelaskan  ada bebrapa syarat dalam pendafataran melalui via online ini diantaranya , setiap calon peserta didik baru diberi kesempatan satu kali mendaftar, dan calon peserta didik SMP dan SMA berhal memilih semua sekolah  sesuai urutan prioritas, sedangkan untuk peserta didik SMK hanya boleh memilih satu sekolah dan dua bidang keahlian pada sekolah yang dipilih.
“Dan dari sekian banyak syarat untuk peserta didik SMP-SMK-SMA yang telah memenuhi syarat verifikasi mendapat tanda bukti pendaftaran, setiap pendaftara yang mengundurkan diri tidak dapat melakukan pendaftaran lagi diseluruh SMP-SMK-SMA yang telah mengikurti PPDB online 2016. Namun pendaftar SMK dapat melakukan alih sekolah melalui operator SMK dimana ia mendaftar” terangnya.
Dia juga menjelaskan untuk, daya tampung sekolah dalam PPDB tahun ini, untuk 8 SMP di Kota Kediri sebanyak 2690, dan untuk pagu peserta didik dari luar kota sebanyak 10 persen, sedangkan untuk daya tampung kelas untuk  SMA 3-8 jumlahnya 2016, dan pagu untuk peserta didik dari luar kota bervariatif yakni 10-25 persen.
“Untuk peserta didik SMA  dari luar kota pagunya bervariatif, ada yang 10 persen, yakni SMAN 3 dan SMAN 7 ,  yang 25 persen yakni  SMAN 4 dan 6,  yang pagunya 20 persen yakni SMAN 5 sedangkan yang pagunya 15 persen SMAN 8,   untuk SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 tahun ini melakukan PPDB secara mandiri, dan pendaftaranya pun di sekolah, bagi yang tidak lolos test di SMA 1 dan 2 boleh melakukan pendaftaran melalui jalur regular,” jelas Cevy.
Cevy menambahkan Pendaftaran  PPDB 2016 tingkat SMP, SMA memakai Nilai Ujian Akhir (NUN), dan untuk Sekolah Kejuruan Selain memakai NUN juga dilakukan Tes. Untuk Jalur Prestasi serta kemitraan Dinmas Pendidikan Kota Kediri  akan menyeleksi dengan ketat, Jalur Prestasi harus ada Sertifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga yang berkompeten sedangkan  untuk jalur keluarga miskin (Gakin) dipastikan tidak ada. “Dan untuk info lebih lengkap dapat dilihat di http://kediri.siap-ppdb.com atau http//ppdb.kedirikota.go.id,” tandasnya. [van.adv]

Harian Bhirawa Online


Sumber : harianbhirawa.co.id