20160603_205917

ADAKITANEWS, Kota Kediri  Menciptakan wirausaha unggulan, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggelar lomba UKM se Kota Kediri. Dari ratusan peserta, tenun ikat menjuarai pada kategori wirausaha muda dan manik-manik menjuarai pada kategori wirausaha wanita.

Terdapat 100 peserta yang mengikuti perlombaanUKM se Kota Kediri. Mereka semua terbagi dalam dua kategori yakni Wirausaha Muda dan Wirausaha Wanita. Dari keseratus peserta ini telah mengikuti pelatihan dengan dikarantikan oleh tim dari Dinas Koperasi dan UMKM selama 3 hari. Mereka akan dipilih dan dikerucutkan menjadi 15 nominator dari kedua kategori.

“Selamat kepada ke tiga puluh nominator yang sudah terpilih pada malam ini,” ujar Kristanto Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri pada Malam Anugerah UKM dan Pelaku Usaha Unggulan, Jumat (03/06) di pelataran Balai Kota Kediri.

DSC_7245Malam anugerah yang dihadiri Wakil Walikota Lilik Muhibbah serta Ketua Bank BI Cabang Kediri Djoko Raharto berlangsung meriah dengan berbagai sajian hiburan. Pada kesempatan ini, Ning Lik sapaan akrab Wawali Kota Kediri berkenan menyampaikan sambutannya mewakili Wali Kota Abdullah Abu Bakar yang tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut karena ada tugas negara yang tidak bisa ditinggalkan.

Ning Lik mengaku merasa bangga dengan adanya agenda tersebut. Menurutnya, dengan adanya perlombaan ini bisa meningkatkan semangat berwirausaha masyarakat Kota Kediri. Jika semangat berwirausaha tinggi, Ning Lik mengatakan kehidupan ekonomi masyarakat akan meningkat dan lebih sejahtera.

“Teruslah berkreasi bekerja membangun generasi bangsa yang membanggakan. Saya harap, lebih banyak lagi pelaku usaha yang asli warga Kota Kediri, agar perekonian bangkit dan masyarakat lebih sejahtera. Karena pelaku usaha adalah tonggak kesejahteraan masyarakat,” kata Ning Lik

Namun, Ning Lik menyadari terutama pada wirausaha wanita karena adanya keluarga yang juga harus diperhatikan. Oleh karenanya, Ning Lik berpesan agar para wirausaha ini jangan melupakan keluarga dan tetap kebahagiaan keluarga menjadi prioritas utama.

“Jangan sampai kebahagiaa keluarga dilupakan. Keluarga juga harus diperhatikan agar usaha kita lebih berkah,” kata Ning Lik

Setelah sambutan dari Ning Lik, tiga pemenang dari kedua kategori di umumkan. Wirausaha muda Achmad Chirul Umam membawa usaha Mata Donat meraih juara tiga, sementara Nuryanto membawa usaha Lampu Hias meraih juara dua. Dan, juara pertama diraih oleh Eko Hariyono dengan usaha Tenun Ikat yang sudah mendunia.

DSC_7357Dari kategori wirausaha wanita, Batik Tulis yang dibawakan oleh Kasiana meraih juara tiga, berlanjut pada Tenun Ikat yang dibawakan oleh Siti Ruqoyah meraih juara kedua. Dan, juara pertama diraih oleh Ervina Melpa dengan kreasi usaha Manik-Maniknya.

Para juara inipun memperoleh hadiah dan uang pembinaan jutaan rupiah yang diberikan langsung oleh Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibbah sebagai apresiasi kreativitas mereka memujudkan Kota Kediri yang lebih sejahtera. Selain itu, para juara ini akan mengikuti kejuaraan UKM tingkat Provinsi beberapa waktu yang akan datang.(*/zay)

Keterangan Gambar : Lilik Muhibbah bersama para juara UKM se Kota Kediri pada Malam Anugerah UKM dan Pelaku Usaha Unggulan, Jumat (03/06).(Foto:Ist)