logo.png

Belum Merata Dana Prodamas Kota Kediri Baru Cair di 28 Kelurahan


Surya Malang

Belum Merata, Dana Prodamas Kota Kediri Baru Cair di 28 Kelurahan
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudik
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) bersama Kepala BI Kediri Djoko Raharto. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Tahun ini pencairan dana Progam Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) di Kota Kediritidak berlangsung serentak. Karena dari 46 kelurahan, yang telah mencairkan dana Prodamas tercatat baru 28 kelurahan.

Berdasarkan data di Kantor Pemberdayaan Masyarakat (KPM) tahun ini terdapat 1.442 RT yang mendapat kucuran dana Prodamas. Jumlah ini bertambah 6 RT hasil pemekaran RT baru.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menepis sejumlah rumor dan isu masih belum cairnya dana Prodamas pada sebagian kelurahan karena terganjal ketentuan.

"Banyak yang sudah mencairkan, namun masih ada yang belum mencairkan. Yang belum mencairkan karena ada pergantian personel di kelurahan," ungkap Abdullah Abu Bakar kepada wartawan, Minggu (5/6/2016).

Ditegaskan, Prodamas sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kediri.

"Prodamas juga diperbolehkan oleh Pemprov Jatim dan Mendagri, kalau tidak boleh dalam RAPBD pasti sudah dicoret. Hasil konsultasi kami dengan Mendagri malah dapat komentar bagus," ungkapnya.

Namun Prodamas juga terus dievaluasi serta disempurnakan. Seperti dana Prodamas tahun ini sudah tidak diperbolehkan lagi untuk membeli pot dan hewan ternak.

Rekrutmen tenaga pendamping lebih selektif hanya yang memiliki kemampuan. Posisi tenaga pendamping sekarang di bawah lurah bukan lagi di bawah Kantor Pemberdayaan Masyarakat.

Berdasarkan evaluasi penggunaan dana Prodamas tahun 2015 hanya 10 persen yang tidak dimanfaatkan dan kembali ke kas daerah (kasda).

"Warga banyak yang menyambut progam ini karena benar-benar memberdayakan masyarakat," tandasnya.

Prodamas merupakan progam pemberian dana Rp 50 juta per RT per tahun. Alokasi dananya untuk progam fisik, sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Kami berharap muncul ide yang kreatif dan inovatif dari setiap titik bangunan yang telah dibangun dengan Prodamas," ungkapnya


Sumber : suryamalang.tribunnews.com