2016-06-05_22.14.48ADAKITANEWS, Kota Kediri – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menjamin landasan hukum Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) memliki landasan hukum kuat. Pasalnya, program unggulan Walikota ini sejak awal sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Program pemberdayaan ini (Prodamas-red) sudah masuk dalam RPJMD dari awal, sehingga sah secara hukum bantuan atau hibah yang dilakukan pemerintah daerah pada masyarakat,” ujarnya dalam konferensi pers di ruang Kilisuci Pemkot Kediri. Minggu (05/06).

Dengan dasar itu menurut Walikota, seharusnya tidak ada lagi polemik terkait dengan dasar hukum pemberian hibah sebesar Rp. 50 juta setiap Rukun Tetangga (RT) di Kota Kediri ini. Disinggung terkait belum adanya Peraturan Daerah (Perda) yang menaungi program tersebut, Mas Abu, panggilan akrab Abdullah Abu Bakar, menyatakan bahwa penetapan RPJMD sudah melalui Perda. “RPJMD pasti ditetapkan melalui Perda, bisa dilihat Perda nomor 12 tahun 2014, Prodamas ada didalamnya,” jelas Walikota.

Namun Walikota mengakui masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan Prodamas di lapangan. Untuk itu dalam pelaksanaan tahun 2016 ini, Walikota menghimbau agar lurah selalu mengedepankan koordinasi dengan seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan Prodamas. Disamping itu, lurah juga harus dapat mengendalikan segala hal yang terkait dengan pelaksanan kegiatan Prodamas.

Selain pada lurah, walikota juga berharap Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk berkomunikasi dengan dengan masyarakat dan ketua RT setempat. “Harapan saya PPTK Prodamas di tahun 2016 ini lebih baik lagi kapasitasnya, sehingga benar-benar memahami tugas dan tanggungjawabnya,” pungkasnya.

Di Kota Kediri terdapat 1.442 RT pada tahun 2016 saat ini, sehingga total anggaran yang harus disediakan untuk Prodamas sebesar Rp. 72.100.000.000.-. (zay).

Keterangan Gambar : Pers Rilis yang digelar oleh Walikota Kediri, Minggu (5/6) untuk menjawab keraguan publik tentang dasar hukum prodamas, yang menjadi andalan Program Walikota Kediri