logo.png

Jumlah UMKM di Kediri Berkembang Pesat



 
 
Dok: Pengusaha UMKM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rimanews - Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Jawa Timur,semakin meningkat setiap tahunnya, dimana pada 2014 terdata sekitar 26.000 usaha, naik pada 2015 menjadi sekitar 31.000 usaha.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kota Kediri Kristianto mengemukakan di Kediri, Sabtu (04/06/2016), adanya peningkatan jumlah UMKM di kota ini menunjukkan bahwa pereekonomian di kota sudah menjadi lebih bergerak. Mereka terdiri dari beragam usaha baik skala kecil maupun besar.

"Saya prediksi adanya peningkatan ini karena ada PHK besar-besaran, sehingga memicu mereka alih profesi. Selain itu, Kediri perlahan-lahan jadi kota metro, sehingga banyak warga dari luar kota pindah ke Kediri menacari nafkah salah satunya di bidang UMKM," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah memberikan beragam kemudahan bagi para pelaku UMKM di Kota Kediri, agar mereka juga bisa lebih berkembang. Selain memberikan pelatihan, pemerintah juga memberikan akses kredit lunak berupa dana bergulir dengab bunga hanya 4 persen per tahun.

"Kami permudah perizinan dan kami juga selenggarakan pameran di berbagai tempat. Selain itu, kami juga memberikan pelatihan dan akses untuk kredit lunak," paparnya.

Ia mengatakan, pemerintah memberikan kredit lunak dengan kerjasama di dua perbankan, yaitu di Bank Jatim serta BPR Kota Kediri. Total anggaran yang disiapkan ada sekitar Rp9 miliar yang dibagi di dua bank itu.

Ia berharap, dengan berbagai dukungan itu, ke depan UMKM di Kota Kediri bisa menjadi lebih berkembang. Dengan itu, secara tidak langsung pun juga bisa menekan jumlah pengangguran terbuka di kota ini.

Pemerintah, kata dia, juga membuat kegiatan penganugerahan bagi UKM serta pelaku usaha unggulan lainnya. Kegiatan itu telah berlangsung pada Jumat (5/4) malam. Terdapat 100 pengusaha yang telah terdaftar, namun mereka diverifikasi dan yang lolos hanya 30 pengusaha yang terdiri dari perempuan dan laki-laki.

Dari jumlah itu, terdapat tiga pengusaha laki-laki yang terpilih dan tiga pengusaha wanita. Mereka nantinya akan dikirim ke Jatim, guna mengikuti lomba yang sama tingkat provinsi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah acara yang melibatkan UMKM di Kota Kediri sangat bermanfaat, sebab secara langsung bisa memacu kreativitas mereka di bidangnya masing-masing.

Ia pun mengatakan pelaku usaha merupakan tonggak ekonomi dari masyarakat. Kota Kediri juga telah menasbihkan diri sebagai kota jasa, sehingga sektor ekonomi menjadi salah satu sektor yang sangat diunggulkan.

"Semua harus bangkit agar perekonomian Kediri semakin sejahtera, dan bukan malah menjadi penonton," katanya.

Ia meminta pelaku usaha UMKM di Kota Kediri terus berinovasi, melakukan beragam kreasi dalam karyanya, sehingga bisa membawa masyarakat terutama generasi muda menjadi lebih baik, terlebih lagi bisa memajukan daerahnya.


Sumber : ekonomi.rimanews.com