logo.png

Disdik Kota Kediri: Ingat Pelaksanaan PPDB Online Real Time Tanggal 20 Jun


ADAKITANEWS, Kota Kediri – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri mulai mengumumkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016 dengan sistem online real time. Beberapa jalur yang dapat ditempuh oleh calon peserta didik baru diantaranya jalur kemitraan, prestasi, dan reguler. Selain melaui tiga jalur tersebut, beberapa sekolah di bawah nauangan Disdik juga melakukan PPDB secara mandiri.

Informasi yang dihimpun Tim Adakitanews.com, PPDB dengan jalur kemitraan dan seleksi prestasi untuk calon peserta didik jenjang SMP, SMA, dan SMK mulai dibuka pada tanggal 20-23 Juni 2016 mendatang. Untuk pendaftarannya dapat dilakukan di kantor Dinas Pendidikan Kota Kediri yang berlokasi di Jalan Mayor Bismo 10-12 Kelurahan Semampir. Sedangkan, pada tanggal 24 Juni atau sehari setelah pelaksanaan PPDB, akan diumumkan calon peserta didik yang diterima pada sekolah favorit pilihannya.

“Jalur reguler untuk SMP-SMA dilaksanakan pada tanggal 27-29 Juni. Sedangkan untuk SMK dibuka mulai tanggal 20-25 Juni 2016 untuk lokasinya melaui online dan verifikasi ke sekolah,” ungkap Kasubag Penyusunan Program Disdik Kota Kediri, Cevy Ning Suyudi, Kamis (09/06).

Ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh para pendaftar yang mengikuti PPDB melalui online real time. Diantaranya setiap calon peserta didik baru diberi kesempatan satu kali mendaftar, dan calon peserta didik SMP dan SMA berhak memilih semua sekolah  sesuai urutan prioritas. Sedangkan untuk calon peserta didik SMK hanya boleh memilih satu sekolah dan dua bidang keahlian pada sekolah yang dipilih. Setelah memenuhi semua persyaratan, peserta didik yang meliputi SMP, SMA, dan SMK akan mendapatkan tanda bukti verifikasi. Setiap peserta yang mengundurkan diri, tidak dapat melakukan pendaftaran lagi diseluruh SMP-SMK-SMA yang telah mengikuti PPDB online tahun 2016. Namun, pendaftar SMK masih dapat melakukan alih sekolah melalui operator SMK dimana ia mendaftar.

“Setiap peserta yang gugur, tidak dapat mendaftar kembali untuk mengikuti PPDB online real time kecuali SMK,” urainya.

Ia menambahkan, daya tampung sekolah PPDB tahun ini, untuk 8 SMPN di Kota Kediri sebanyak 2.690 murid. Disdik Kota Kediri juga memberikan pagu peserta didik dari luar kota sebanyak 10-25 persen dengan daya tampung kelas untuk  SMAN 3 hingga SMAN 8 mencapai 2016 murid.

“Peserta didik SMA dari luar kota pagunya bervariatif, ada yang 10 persen, yakni SMAN 3 dan SMAN 7, 25 persen meliputi SMAN 4 dan SMAN 6, 20 persen hanya SMAN 5, sedangkan yang pagunya 15 persen adalah SMAN 8, bagi SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 tahun ini melakukan PPDB secara mandiri yang pendaftaranya dilakukan di sekolah masing-masing. Bagi yang tidak lolos tes di SMA 1 dan 2 boleh melakukan pendaftaran melalui jalur reguler,” tambahnya.

Diakuinya, pendaftaran PPDB 2016 tingkat SMP, SMA memakai Nilai Ujian Akhir (NUN), untuk sekolah kejuruan selain memakai NUN juga akan dilakukan tes. Untuk Jalur prestasi serta kemitraan, Dinas Pendidikan Kota Kediri  akan menyeleksi dengan ketat para peserta. Sedangkan,  untuk jalur keluarga miskin (Gakin) dipastikan tidak ada.

“Info lebih lengkap dapat dilihat di http://kediri.siap-ppdb.com atau http//ppdb.kedirikota.go.id,” tegas Cevy Ning Suyudi.(adv/blot)

Keterangan Gambar: Logo Pemerintah Kota Kediri.


Sumber : adakitanews.com