logo.png

Cetak e-KTP Cukup 1 Menit di Kota Kediri


Harian Bhirawa Online

Mobil Pelayanan Keliling Pencetakan dan Perekaman e-KTP.

Mobil Pelayanan Keliling Pencetakan dan Perekaman e-KTP.

Kota Kediri, Bhirawa
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri mencanangkan program layanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) 1 menit jadi, dan program pelayanan perekaman secara jemput bola bagi yang sakit dan manula.
Dalam program cetak KTP 1 menit jadi ini dilakukan setiap hari minngu dalam program rutin Car Free Day melalui pelayanan mobil keliling. Diungkapkan Kepala Dispenduk Capil Ida Indryati, jika program ini diperuntukkan bagi KTP yang rusak dan KTP yang hilang. “Syaratnya jika KTP rusak KTP tersebut dibawa dan yang hilang harus ada surat kehilangan dari kepolisian, dan itu 1 menit langsung jadi. Ada ketentuan lain selama tidak ada perubahan data,” kata Ida Indriyati pada Wartawan.
Tak hanya itu, menurut ida mulai Kamis, 9 Juni 2016 lalu  mobil pelayanan keliling Dispendukcapil Kota Kediri beroperasi ke kelurahan-kelurahan untuk melakukan program perekaman EKTP secara jemput bola kepada warga yang belum melakukan perekaman.
“Untuk tekniknya kita berkoordinasi dengan kelurahan, selanjut tim bergerak ke rumah penduduk yang telah didaftar pihak kelurahan untuk mendapatkan pelayanan. Beberapa warga juga sudah siap dilokasi yang ditentukan Kelurahan untuk mempermudah pelayanan,” terangnya.
Lebih lanjut, menurut Ida terobosan yang dilakukan oleh Dispendukcapil melalui pelayanan keliling kali ini memang ditujukan untuk warga yang belum perekaman data dan yang bersangkutan sedang sakit atau sudah sangat tua, jadi petugas mendatangi rumah penduduk. “Karena target kita semua warga kediri harus memiliki identitas kependudukan, karena KTP ini sangat berguna,apalagi bagi warga yang sudah tua, dan sakit, untuk mengurus BPJS harus menggunakan KTP,” tandasnya.
Diketahui, Dispendukcapil Kota Kediri ini etris melakukan terobosan pelayanan dalam administrasi kependudukan, sebelumnya sukses memberikan pelayanan melalui sidang keling bagi yang ingin merubah nama, dan kali ini pencetakan KTP 1 hari jadi dan perekaman KTP sistim jemput bola melalui mobil pelayanan keliling. [van]

Harian Bhirawa Online

 


Sumber : harianbhirawa.co.id